ASSESMENT TINGKAT KEPUASAN DOSEN DENGAN METODE SERVQUEL PADA UNIVERSITAS XYZ
DOI:
https://doi.org/10.12928/si.v13i1.1839Abstract
Perguruan tinggi (PT) mempunyai peran penting dalam mengembangkan kehidupan masyarakat Indonesia. Dosen merupakan unsur dalam PT diharapkan dapat mempunyai kinerja yang baik sehingga dapat meningkatkan image masyarakat terhadap PT tersebut. Salah satu usaha untuk meningkatkan kinerja dosen adalah dengan memberikan kualitas layanan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menentukan jenis atribut kualitas layanan yang perlu diperbaiki. Teknik pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner berdasarkan dimensi Servquel (tangible, reliability, responsibility, assuarance, empathy) Responden yang digunakan adalah dosen pada Universitas XYZ sebanyak 87 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan yang ada saat ini belum memenuhi harapan dosen, dan jenis atribut yang perlu dipebaiki adalah kebersihan kamar mandi (T6), kerapian ruang kuliah (T3), Ketersediaan informasi yang terkait dengan pengembangan dosen (informasi tentang jadwal penelitian, kepangkatan dll) (A17). Kata Kunci: Servquel, tangible, reliability, responsibility, assuarance, empathy.Downloads
Published
2015-04-09
Issue
Section
Article
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.