Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Metode Simulasi

Authors

  • Yusrina Anggraini Untari Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2574

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji apakah metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V. Penelitian ini mengambil Lokasi di SD Muhammadiyah Bantar Banguncipto Sentolo Kulon Progo dengan jumlah subjek 24 anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Metode simulasi menggunakan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, uji asumsi, dan uji t. Hasil penelitian menggunakan metode simulasi terjadi peningkatan hasil belajar siswa: Persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal siklus I sebesar 25%, pada siklus II meningkat menjadi 41,67% dan pada siklus III meningkat menjadi 79,17%, rata-rata nilai mengalami peningkatan dari siklus I 61, 13 di siklus II 69,54 dan pada siklus III meningkat menjadi 80,29. Dalam statistik deskriptif uji t paired sample t test diperoleh hasil pertandingan siklus I dan siklus 2 jumlah sample 24 nilai Sig (0,001) < α (0,05), dan perbandingan siklus 2 dan siklus 3 diperoleh nilai Sig (0,013) < α (0,05). Jadi, dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata nilai tes hasil belajar siswa yang signifikan dari ketiga siklus pembelajaran melalui metode simulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi pokok jual beli bagi siswa kelas V.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Metode Simulasi

Downloads

Published

2013-12-01

Issue

Section

Articles