Perbedaan Emotional Focused Coping Mahasiswa Kost Dengan Mahasiswa Yang Tinggal Dengan Orang Tua Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.2463Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah emotional focused coping mahasiswa kost lebih tinggi daripada emotional focused coping mahasiswa yang tinggal dengan orang tua pada mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling. Tuntutan jaman yang kompleks dan tinggi menuntut para generasi muda untuk menyelesaikan pendidikannya sampai ke Perguruan Tinggi. Karena banyak para lulusan SMA yang mau tidak mau harus meneruskan ke Perguruan Tinggi di luar daerah asal tempat tinggal. Yogyakarta sebagai kota pendidikan banyak mahasiswa yang berasal dari luar daerah terpaksa harus tinggal di tempat kost, artinya para mahasiswa kost ini harus mampu sendiri dalam menghadapi segala hal yang berkaitan dengan kehidupannya baik dalam rangka pemenuhan kebutuhan biologis seperti makan, minum, berteduh maupun kebutuhan psikologisnya seperti penyesuaian diri dengan lingkungan kost, lingkungan kampus serta lingkungan pergaulan yang luas Hal tersebut berbeda dengan mahasiswa yang berasal dari Yogyakarta, beberapa masalah yang dihadapi mereka bisa konsultasi dengan orang Ada berbagai jenis masalah yang sering dialami oleh remaja, misalnya masalah hubungan sosial, masalah pribadi, masalah hubungan dengan orang tua atau masalah dengan lawan jenis. Masalah yang dialami dan dirasakan remaja bersumber dari kebutuhan remaja untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan keinginan untuk memperoleh status di tengah masyarakatnya (Mappiare, 1982)Downloads
Published
2012-12-01
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with PSIKOPEDAGOGIA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.