Upaya Meningkatan Eksplorasi Karier Anak Berkebutuhan Khusus
DOI:
https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.2462Keywords:
eksplorasi karier, curriculum infusion, magang, shelter workshop, experiential learningAbstract
Perkembangan karier individu dimulai sejak masa kanak-kanak. Perkembangan tersebut sejalan dengan perkembangan dirinya. Penguasaan tugas perkembangan merupakan salah satu realisasi perkembangan kariernya. Demikian juga halnya dengan anak berkebutuhan khusus. Mereka lebih banyak membutuhkan waktu, stimulasi yang konkret, mempertimbangkan tingkat kekhususan dan problem yang dihadapinya dalam setiap periode perkembangan kariernya.
Eksplorasi kaier merupakan upaya individu untuk lebih memahami diri dan lingkungan karier serta upaya mempertemukan antara kelebihan yang ia miliki dan kesempatan karier yang ada. Eksplorasi karier terjadi setiap jenjang perkembangan karier, dengan tujuan untuk mengenal diri dan lingkungannya, sehingga ia dapat memperoleh penyesuaian karier yang optimal. Dengan eksplorasi karier yang lengkap diharapkan mereka dapat mencapai perkembangan karier yang optimal sesuai dengan kekhususannya.
Beberapa upaya meningkatan eksplorasi karier yang sesuai untuk anak berkebutuhan khusus adalah melalui curriculum infusion, magang khususnya lewat shelter workshop, experiential learning. Berbagai upaya tersebut sangat bergantung pada tingkat kekhususannya, motivasi, dan keterbukaan mitra magang. Bila ketiga hal tersebut diperhatikan eksplorasi karier mereka akan memperoleh hasil yang optimal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with PSIKOPEDAGOGIA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.