Peran Religiusitas Islami dan Kesejahteraan Subyektif terhadap Pemaafan Remaja Siswa Madrasah Aliyah Negeri III Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i1.2461Abstract
Penelitian
Jumlah responden pada penelitian ini adalah 105 orang siswa dari kelas XI IPS-1, IPS-2, IPS-3, IPA-1, dan IPA-2. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan: Tidak ada pengaruh langsung religiusitas terhadap pemaafan. Ada pengaruh tidak langsung religiusitas terhadap pemaafan sebesar 0,129. Ada pengaruh langsung religiusitas terhadap kepuasan hidup sebesar 0,172 (p=0,053) dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,124, total pengaruh 0,296. Ada pengaruh langsung religiusitas terhadap afek sebesar 0,294 (p=0,002). Hasil penelitian ini juga diketahui ada pengaruh langsung afek terhadap kepuasan hidup sebesar 0,419 dan ada pengaruh langsung afek terhadap pemaafan sebesar 0,204Â (p=0,048) dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,301 sehingga total pengaruh sebesar 0,301; serta ada pengaruh langsung kepuasan hidup terhadap pemaafan sebesar 0,232 (p=0,024).
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan pemaafan pada remaja, maka perlu ditingkatkan religiusitas dan peningkatan kesejahteraan subyektifnya (subjective  weel  being).ini dikembangkan berdasarkan fenomena remaja akhir-akhir ini yang semakin banyak mengalami permasalahan dalam kehidupan sosialnya, seperti tawuran, geng, dan kegelisahan yang menyebabkan mereka mengalami gangguan ketika di sekolah. Fenomena ini mengindikasikan tingkat subjective  weel  being yang kurang terpenuhi. Salah satu faktor pencapaian subjective  weel  being adalah religiusitas dan pemaafan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan religiusitas dan pemaafan dengan subjective  weel  being (SWB) remaja siswa Madrasah Aliyah Negeri III Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with PSIKOPEDAGOGIA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.