The Effect of Play Therapy in Group Counseling on Junior High School Students’ Social Interaction

Authors

  • Tiara Maiza Dianti Jambi University, Jambi Indonesia
  • Affan Yusra Jambi University, Jambi Indonesia
  • Asradi Asradi Jambi University, Jambi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v11i1.16255

Keywords:

play therapy, group counseling, social interaction

Abstract

Social interactions are dynamic relations involving individuals and groups of people. Teenagers are known to often face various problems in interaction patterns. This study aimed to find out the effect of play therapy in group counseling on students’ social interaction. To this end, a pre-experimental design was applied. Participants were ten 8th-grade students in a junior high school in Jambi, Indonesia, recruited using a purposive sampling technique. Data were collected using social interaction scale. Wilcoxon test result showed a sig. value (2-tailed) of 0.005 (<0.005), indicating that play therapy affects social interactions of students who were associative (cooperation, accommodation, assimilation) and dissociative (competition). School counselors are recommended to optimize the group counseling services with play therapy to help improve their social interaction.

References

Andriati, N. 2016. Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2 No.2. Pontianak: Program Studi Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Muria Kudus.

Asrori, A. 2009. Hubungan kecerdasan Emosi dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial pada Diri Siswa. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Chambless, D. L., & Ollendick, T. H. 2001. Empirically supported psychological interventions. Controversies and evidence: Annual Review of Psychology.

Dwistia, dkk. 2013. Hubungan Interaksi Sosial Peserta Didik Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Bimbingan dan konseling. Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Fatnar & Anam, C. 2014. Kemampuan Interaksi Sosial antara remaja yang tinggal di pondok pesantren dengan yang tinggal bersama keluarga. Jurnal Fakultas Psikologi Vol.2, No.2. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Geldard et al. 2016. Konseling Anak-Anak. Jakarta: PT. Indeks.

Hatiningsih, N. 2013. Play Therapy Untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan Vol 01, No.02. Malang: Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang.

Hadisumarno, S. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Irawan, E. 2013. Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja. Jurnal Bimbingan dan konseling Vol 2, No.1. Lampung: Universitas Ahmad Dahlan.

Khalimatussa’diyah. 2011. Upaya Meningkatkan Asertivitas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas IX Smp Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang. Skripsi. Semarang: Jurusan Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Loban, dkk. 2017. Model Bimbingan Kelompok menggunakan Games untuk Meningkatkan Hubungan Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Semarang: Prodi Bimbingan Konseling Pascasarjana UNNES.

Maunah, B. 2016. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

Mahyuddin, M.J,. 2016. Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Vol 2, No.1. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Maryati, K dan Suryawati. J. 2007. Sosiologi: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.

Mc Mahon, L. 2005. The Handbook Of Play Therapy. London: Brunner-Routledge Taylor & Francis e-library.

O’Connor et al. 2016. Handbook Of Play Therapy. America Serikat: Hoboken.

Pitriya, A. 2013. Penggunaan Play Therapy Dalam Konselin Kelompok Untuk Membantu Menyelesaikan Konflik Siswa Kelas VII Di MTs Yapi Sipare-Pare Kabupaten Batu Bara T.A 2012/2013. Medan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan.

Putri, D.A. 2014. Gestalt Play Therapy Untuk Menangani Masalah Penyesuaian Sosial Studi Kasus Pada Siswa Taman Kanak-Kanak. Seminar Nasional Riset Inovatif II. Bali: Jurusan Bimbingan Konseling, Universitas Pendidikan Ganesha.

Purwanti, E. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Play Group Alam Matahari-Ku Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prayitno, dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prayitno & Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling (Cetakan Kedua). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rasimin & Hamdi. 2018. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Santoso. 2010. Studi Deskriftif Effect Size. Yogyakarta: Jurnal Penelitian Psikologi Universitas Sanata Dharma.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutja, dkk. 2017. Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi.

Sutja, A. 2016. Teori dan Aplikasi Konseling dari Psikoanalisa sampai Gestalt. Yogyakarta : WR.

Suryabrata, S. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setiadi, dkk. 2013. Ilmu Sosial Budaya Dasar (cetakan ketiga). Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Suwarjo & Eliasa. 2011. Permainan (Games) dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Soekanto, S. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tohirin. 2007. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah: Berbasis Integrasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Thompson & Henderson. 2007. Counseling Children. Seventh Edition. Belmont, CA : Thompson Brooks/Cole Publishing Company.

Wibowo. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press.

Walgito, B. 2011. Psikologi Sosial. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Downloads

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles