ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN RUMAH TANGGA TERHADAP TEH CELUP DI KOTA SEMARANG (ANALYSIS OF HOUSEHOLD CONSUMERS PREFERENCE TOWARDS TEA BAGS IN SEMARANG CITY)
DOI:
https://doi.org/10.12928/optimum.v8i1.9080Keywords:
Preferensi konsumen, teh celup, analisis konjoinAbstract
ABSTRAK
Konsumsi teh yang tinggi di Kota Semarang dan terjadinya perubahan pola konsumsi teh di masyarakat dari teh seduh ke teh celup membuat teh celup memiliki prospek yang tinggi untuk masuk ke pasar teh. Produsen perlu memahami preferensi konsumen dalam membeli teh celup supaya dapat merencanakan, mengembangkan, dan memasarkan produknya dengan baik. Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat preferensi dan urutan kepentingan atribut produk teh celup pada konsumen rumah tangga di Kota Semarang. Penelitian dilakukan di Kecamatan Semarang Barat, Semarang Selatan dan Banyumanik yang mewakili daerah pantai, dataran rendah, dan perbukitan di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden rumah tangga diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis konjoin dengan kombinasi sebanyak 16 stimuli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen rumah tangga terhadap atribut teh celup di Kota Semarang adalah yang memiliki rasa melati (jasmine), harga berkisar Rp 5.000,00-10.000,00 per kemasan, merek terkenal, kemasan kotak (box) dan memiliki informasi kadaluarsa yang jelas. Urutan kepentingan atribut teh celup berturut-turut adalah rasa, merek, harga, kemasan, dan informasi kadaluarsa.
Kata kunci: Preferensi konsumen, teh celup, analisis konjoin
Â
ABSTRACT
High tea consumption in Semarang City and the change of tea consumption pattern from loose leaf tea to tea bags make tea bags have a high prospect of getting into the tea market. Producers need to understand consumer preferences in buying tea bags so they can plan, develop, and market their products well. This research aimed to analyze the level of preference and relative importance of tea bags product attributes on household consumers in Semarang City. The research was conducted in West Semarang, South Semarang and Banyumanik Subdistrict representing coastal area, lowland, and hills in Semarang City. Research method is a survey with the samples number of 100 household respondents taken by purposive sampling technique. Data were analyzed using conjoint analysis with 16 combinations of product. Result showed that household consumers' preference for tea bags attribute in Semarang City is jasmine flavor, the price range IDR 5,000-10,000 per pack, famous brand, box packaging and has clear expiration date. Consumers priority of tea bags attribute is taste, brand, price, packaging, and expiration date.
Keywords: Consumer preferences, tea bags, conjoint analysisReferences
Adimulya, V. 2006. Analisis Produksi Teh (Camellia sinensis (L) O. Kuntze) di Kebun Jolotigo PTPN IX Pekalongan Jawa Tengah. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Adityo. 2006. Analisis Preferensi Konsumen terhadap Frestea Tekita dan Teh Sosro Kemasan Botol di Kota Bogor. Skripsi. Bogor: Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.
Ambadar, J., M. Abidin, dan Y. Isa. 2007. Mengelola Merek. Yayasan Bina Karsa Mandiri, Jakarta.
Atmojo, E. D. 2012. Analisis Sikap dan Kepuasan Konsumen terhadap Teh Celup Merek Sarimurni (Studi Kasus Giant Hypermart-Botani Square, Bogor). Skripsi. Bogor: Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.
Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan. 2015. http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/pajak). Tanggal diakses 19 Desember 2017.
Balittri. 2013. Kandungan Senyawa Kimia pada Daun Teh (Camellia sinensis). Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri, 19 (3).
Dewi, I. S. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Pangan Rumah Tangga Nelayan. Skripsi. Medan: Fakultas Pertanian Universitas SumateraUtara.
Eriyanto. 2007. Teknik Sampling Analisis Opini Publik. LkiS, Yogyakarta.
Farnesia, L., W. Roessali, dan S. I. Santoso. 2017. “Analisis Pengaruh Promosi dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Teh Celup Walini di Kota Bandungâ€. Jurnal Agrisocionomics. 1 (1): 34-43.
Ghani, M. A. 2002. Buku Pintar Mandor Dasar-dasar Budidaya Teh. Jakarta: Penebar Swadaya.
Hair et al. 2006. Multivariate Data Analysis Sixth Edition. New Jersey: Pearson Education.
Handayani, Y. 2010. Kajian Pembuatan Teh Celup dengan Daun Pegagan (Centella asiatica L. Urban). Skripsi. Bogor: Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.
Herlambang E. S., M. Hubeis, dan N. S. Palupi. 2011. “Kajian Perilaku Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran Teh Herbal di Kota Bogorâ€. Jurnal Manajemen IKM. 6 (2): 143-151.
Kaihatu, T. S. 2014. Manajemen Pengemasan. ANDI, Yogyakarta.
Kotler, P. dan K. L. Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa: Benyamin Molan. PT. Indeks, Jakarta.
Meriza, F., D.A.H. Lestari, dan A. Soelaiman. 2016. “Sikap dan Kepuasan Rumah Tangga Konsumen Teh Celup Sariwangi dan Sosro di Bandar Lampungâ€. Jurnal IIA. 4 (1): 67-75.
Nassia, P. H. 2015. Preferensi Konsumen terhadap Produk Teh Celup (Studi Kasus di Perumahan Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan. Skripsi. Purwokerto: Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman.
Nasution, A. 2009. Sikap dan Preferensi Konsumen dalam Mengkonsumsi Susu Cair (Studi kasus di Hypermart Carrefour, Lebak Bulus, Jakarta). Skripsi. Bogor: Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.
Nawawi, H. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nugroho, A. 2009. Perencanaan Komunikasi Pemasaran Terpadu Teh Celup Sosro Januari 2010-Desember 2010. Skripsi. Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.
Pitaloka, T., E. Prasetyo, dan B. Mulyatno. 2016. Analisis Permintaan dan Kesediaan Membayar Konsumen (Willingness To Pay) pada Teh Hijau Celup di Kelurahan Kraton Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian Pascasarjana, SPS Undip. Semarang, 22 November 2016.
Pramandya, Y. S. 2010. Sikap dan Minat Konsumen Pasar Swalayan Terhadap Produk Teh di Surakarta. Skripsi. Surakarta: Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.
Prastiwi, W.D. dan H. Setiyawan. 2016. “Perilaku Konsumsi Susu Cair Masyarakat di Daerah Perkotaan dan Pedesaanâ€. Jurnal Agriekonomika. 5 (1): 41-53.
Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. 2015. Statistik Konsumsi Pangan Tahun 2015. Jakarta: Pusdatin.
Rahardjo, C. R. 2016. “Faktor yang Menjadi Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Frozen Foodâ€. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1 (1): 32-43.
Rahardjo, S. A. 2017. “Analisis Atribut yang Menjadi Preferensi Konsumen dalam Memilih Produk HOMDS Teh Hijauâ€. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1 (6): 739-745.
Rahayu, E., S.M. Handayani, dan A. Wijianto. 2014. Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen dan Brand Positioning Teh di Pasar Swalayan Kota Surakarta. Skripsi. Surakarta: Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.
Sijabat, H. I. B. 2007. Analisis Proses Keputusan Konsumen Susu Cair Dalam Kemasan untuk Anak-anak (Kasus di Supermarket Ramayana, Plaza Jambu Dua, Kota Bogor). Skripsi. Bogor: Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.
Silalahi, A. A. G. 2001. Analisis Perilaku Konsumen Teh Celup dan Implikasinya pada Strategi Pemasaran di Daerah Kotamadya Bogor. Skripsi. Bogor: Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.
Simamora, B. 2003. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Gramedia, Jakarta.
Solikhah, U. N. dan T. R. Dewi. 2017. “Model Tipe Perilaku Konsumen dalam Membeli Teh di Kabupaten Sukoharjoâ€. Jurnal Agronomika. 12 (1): 50-54.
Subarna, N. dan N. Awalina. 2002. Daya Substitusi Produk Minuman Teh dalam Pasar Minuman Penyegar di Tingkat Konsumen Rumah Tangga. Gambung: Sosio Ekonomi Balai Penelitian Teh dan Kina.
Sumarwan, U. 2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Supranto, J. 2004. Analisis Multivariat: Arti dan Interpretasi. Jakarta: Rineka Cipta.
SWA. 2009. Indonesia Best Brand 2009. No. 16 /XXV /27 Juli – 5 Agustus 2009.
Wijatno, S. 2009. Pengantar Entrepreneurship. Grasindo, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere.
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities tacitly or explicitly of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.