ANALSIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN HAND PHONE MELALUI E-COMMERCE MOBILE APPLICATION

Authors

  • Hamzah Muhammad Mardi Putra STIE PELITA BANGSA

DOI:

https://doi.org/10.12928/optimum.v8i1.8590

Keywords:

Perilaku Konsumen, e-commerce, Mobile Phone, Mobile Application

Abstract

Terjadi peningkatan pembelian mobile phone melalui e-commerce mobile applications. Faktor perilaku dari konsumen seperti Manfaat Aplikasi, Kemudahaan Penggunaan, Kompatibilitas, Sikap Konsumen terhadap Pembelian Handphone melalui Mobile Apps mempengaruhi Kepuasan Konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan perilaku konsumen terhadap pembelian handphone melalui e-commerce mobile application. Metode yang digunakan adalah integrasi TAM (Technology Acceptance Model) dan IDT (Innovation Diffution Technology) yaitu menghubungkan Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Kompatibilitas dengan Sikap terhadap Penggunaan dan Kepuasan Konsumen. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dengan cara purposive sampling dan snonwbowling. Jumlah sampel sebanyak 120 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dari Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Kompatibilitas terhadap Sikap pada Penggunaan Mobile Application. Kegunaan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif terhadap Kegunaan aplikasi Mobile. Sikap berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen.

 

Kata Kunci: Perilaku Konsumen, e-commerce, Mobile Phone, Mobile Application

Downloads

Published

2018-07-30

Issue

Section

Articles