ANALSIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN HAND PHONE MELALUI E-COMMERCE MOBILE APPLICATION
DOI:
https://doi.org/10.12928/optimum.v8i1.8590Keywords:
Perilaku Konsumen, e-commerce, Mobile Phone, Mobile ApplicationAbstract
Terjadi peningkatan pembelian mobile phone melalui e-commerce mobile applications. Faktor perilaku dari konsumen seperti Manfaat Aplikasi, Kemudahaan Penggunaan, Kompatibilitas, Sikap Konsumen terhadap Pembelian Handphone melalui Mobile Apps mempengaruhi Kepuasan Konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan perilaku konsumen terhadap pembelian handphone melalui e-commerce mobile application. Metode yang digunakan adalah integrasi TAM (Technology Acceptance Model) dan IDT (Innovation Diffution Technology) yaitu menghubungkan Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Kompatibilitas dengan Sikap terhadap Penggunaan dan Kepuasan Konsumen. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dengan cara purposive sampling dan snonwbowling. Jumlah sampel sebanyak 120 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dari Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Kompatibilitas terhadap Sikap pada Penggunaan Mobile Application. Kegunaan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif terhadap Kegunaan aplikasi Mobile. Sikap berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen.
Â
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, e-commerce, Mobile Phone, Mobile Application
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere.
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities tacitly or explicitly of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.