Analisi Resiko Portofolio Menggunakan Value at Risk dengan Metode Variansi Kovaransi dan Simulasi Historis

Norinda Supriyani, Sugiyarto Sugiyarto

Abstract


Resiko merupakan sesuatu yang ditanggung seseorang dalam melakukan aktifitas. Demikian juga  investor yang melakukan penanaman modal (investasi) pasti akan memperhitungkan  resiko yang terjadi akibat dari investasinya. Oleh karena itu, Investor perlu mengetahui cara menghitung resiko agar dapat mengambil tindakan yang tepat untuk portofolionya, sehingga mereka dapat memperhitungkan tingkat resiko yang mungkin diperoleh. Salah satu cara menghitung nilai resiko adalah dengan Value at Risk (VaR). Makalah ini menyajikan perhitungan VaR, dengan menggunakan metode analisa  variansi kovariansi.  Berdasarkan  metode ini , nilai resiko dipengaruhi oleh faktor harga pasar saham, volatilitas harga saham, periode waktu, dan tingkat kepercayaan yang digunakan. Asumsi yang digunakan pada metode ini adalah return berdistribusi normal.

Keywords


Portofolio; Variansi Kovaransi; VaR

Full Text:

PDF

References


C. Butler, Mastering Value at Risk: A step-by-step guide to understanding and applying VaR. Financial Times/Prentice Hall, 1999.

K. Dowd, An introduction to market risk measurement. John Wiley & Sons, 2003.

H. Mausser and D. Rosen, “Beyond VaR: from measuring risk to managing risk,†in Proceedings of the IEEE/IAFE 1999 Conference on Computational Intelligence for Financial Engineering (CIFEr)(IEEE Cat. No. 99TH8408), 1999, pp. 163–178.

C. Gourieroux and J. Jasiak, “Value at risk,†in Handbook of Financial Econometrics: Tools and Techniques, Elsevier, 2010, pp. 553–615.

T. Eduardus, “Analisis investasi dan manajemen portofolio,†Yogyakarta PT. BPFE, 2001.

P. Jorion, Value at risk: the new benchmark for managing financial risk. The McGraw-Hill Companies, Inc., 2007.

C. E. Heckler, “Applied multivariate statistical analysis.†Taylor & Francis, 2005.

J. Klett, Applied multivariate analysis. New York: McGraw-Hill, 1972.

H. Anton, P. Silaban, and I. N. Susila, Aljabar Linear Elementer. Erlangga, Jakarta, 1987.

H. Anton, “Aljabar Linier Elementer Edisi Ketiga,†Terjem. Pantur Silab. dan I. Nyoman Susila. Penerbit Erlangga, Jakarta, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/konvergensi.v6i1.19546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats JIM