PEMBUATAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) MENGGUNAKAN MODEL COBIT 4.1 DI KANTOR KETAHANAN PANGAN KABUPATEN KLATEN

Authors

  • Faizal Amir Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan
  • Ali Tarmuji Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3074

Abstract

Perkembangan sistem informasi di Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Klaten sudah dikembangkan namun belum secara optimal. Masih banyak sistem yang belum terintegrasi antara Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Klaten dengan customer. Masalah semakin banyaknya lumbung lumbung pangan yang berdiri sendiri tidak dibawah naungan kantor ketahanan pangan, Pelayanan oleh kantor ketahanan pangan seperti keluhan customer dan respom yang diberikan cukup lama, Terbatasnya SDM yang mengelola aspirasi publik yang tidak seimbang dengan jumlah customer yang ada, Kurangnya  informasi harga yang terpusat sehingga antara kantor dan customer tidak sama dan suatu ketika itu ditemukan harga yang tidak sesuai dengan keadaan pasar pada saat itu.

Subyek yang akan dibahas pada penelitian  ini adalah “Pembuatan Model CRM di Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Klatenâ€. Model ini diharapkan bisa digunakan untuk  acuan mengoptimalkan kinerja E-government di Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Klaten. Adapun dalam penelitian ini terdapat tahapan-tahapan dalam pembuatan model CRM. Tahapan tersebut antara lain pencarian data dengan metode observasi, wawancara dan studi pustaka dan kuisioner, metode pengolahan data meliputi, pemilihan tujuan TI, menentukan proses dalam mencapai tujuan TI, penilaian tingkat kematangan, kajian atribut kematangan, pendefinisian usulan tindakan perbaikan, dan pembuatan model CRM mulai dari, pembuatan arsitektur sistem informasi, arsitektur infrastruktur jaringan, dan pengujian perancangan kerangka model dengan menggunakan uji kelayakan.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan model yaitu : “Kerangka Model CRM di Kantor Ketahanan Kabupaten Klaten†yang dapat memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan customer melalui media layanan yang tersedia. Hasil uji kelayakan sistem menunjukan bahwa sistem yang di usulkan dapat diimplementasikan dan dapat membantu mendukung strategi organisasi dalam meningkatkan pelayanan di Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Klaten., sehingga terjalin sebuah hubungan yang berkesinambungan dengan customer.

Kata kunci: Customer Relationship Management (CRM) dengan COBIT 4.1, Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Klaten

Published

01-06-2015

Issue

Section

Articles