SISTEM PENENTUAN LOKASI PEMASANGAN IKLAN DENGAN METODE KRITERIA BAYES BERBASIS WEB
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3062Abstract
Kehadiran reklame menjadi ladang promosi, media promo outdoor ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan media promo lain karena pesan yang disampaikan dapat dilakukan berulang-ulang, informasi yang diberikan dapat lebih detail, menampilkan visual sehingga mudah diingat, tetapi pemasangan reklame yang tidak sesuai akan mengganggu kenyamanan bagi masyarakat terutama bila pemasangan reklame yang sembarangan dan tanpa ijin yang jelas akan merugikan banyak pihak selain itu belum adanya aturan khusus dalam penataan reklame membuat potensi kawasan jenuh reklame akan semakin besar. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dibuat sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan untuk menetukan kelayakan lokasi pemasangan iklan atau reklame agar dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi pemilik serta konsumen reklame.
Subjek penelitian ini adalah sistem penentuan lokasi pemasangan iklan (reklame). Konsep pengembangan dengan paradigma waterfall, tahapan penelitian dimulai dari pengumpulan data dengan menggunkan metode studi pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan dalam pengembangan aplikasi ini meliputi desain basis pengetahuan, alur keputusan, deskripsi kebutuhan, permodelan proses, permodelan data, perancangan antar muka, implementasi dan pengujian sistem. Sistem yang dikembangkan menggunakan metode kriteria bayes dan pengujian sistem dengan black box test dan alpha test.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem penentuan lokasi pemasangan iklan dengan metode kriteria bayes berbasis web serta memberikan informasi harga pajak reklame. Hasil uji coba menunjukan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan. Sistem ini dapat digunakan oleh calon pemasang reklame yaitu biro iklan dan masyarakat baik pribadi maupun badan untuk menentukan lokasi pemasangan iklan dan dinas pajak dapat melihat hasil analisa yang telah diinputkan oleh calon pemasang reklame.
Kata kunci :Iklan, Kriteria Bayes, Lokasi, Sistem Pendukung Keputusan.
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.