RANCANG BANGUN E-LIBRARY BERBASIS WEB ONLINE

Authors

  • - Suparti Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan
  • Imam Riadi Program Studi Sistem Informasi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3060

Abstract

Penggunaan E-library di perpustakaan SMK Negeri 5 Yogyakarta sangat penting untuk mendukung kemajuan pendidikan di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan sebagai sarana ilmu pengetahuan, pengumpulan dan penyebaran informasi. Permasalahan-permasalahan yang ada di perpustakaan  SMK Negeri 5 Yogyakarta diantaranya yaitu penginputan data buku yang masih manual, proses searching buku masih manual. Untuk mencapai kemajuan  dan meningkatkan mutu pelayanan di perpustakaan diperlukan  suatu sistem e-library  yang mampu menampilkan file dalam format  file digital serta dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Solusinya  yaitu dengan dibangunnya  e-library  berbasis web online menggunakan media jaringan global atau internet, dari itu koneksi internet sangat diperlukan. Metode Penelitian yang dilakukan dengan mengidentifikasi  permasalahan, pengumpulan data menggunakan beberapa tahapan antara lain adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang terkumpul digunakan untuk menganalisis user, kebutuhan user. Langkah    Pengembangan aplikasi   sistem ini  dengan  analisis kebutuhan sistem, perancangan yang meliputi pembuatan DFD, ERD, rancangan tabel, serta desain interface. Implementasi yang meliputi pembuatan  kode program untuk sistem dan pembuatan interface program untuk navigasi sistem.Berdasarkan hasil pengujian dengan metode   uji kelayakan Alpha Test diperoleh hasil 58% responden menyatakan sangat setuju,  dan 42% menyatakan setuju bahwa  Rancang Bangun E-library Berbasis Web Online  berjalan baik, dengan melihat hasil pengujian Black Box Test dan Alpha Test diperoleh kesimpulan bahwa Rancang Bangun E-library Berbasis Web Online ini dapat meningkatkan mutu pelayanan di perpustakaaan SMK Negeri 5 Yogyakarta. 

Kata Kunci : Digital, E-library, Interface, Online, User

Published

01-06-2015

Issue

Section

Articles