MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN JENIS - JENIS TUMBUHAN BERBASIS MULTIMEDIA STUDI KASUS (TK TUNAS MELATI YOGYAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3053Abstract
Pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan masih sulit di pahami serta proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional menyebabkan suasana belajar yang terkesan kaku dan anak-anak sibuk bermain sehingga perlu dibuatkan media pembelajaran yang dapat membantu peran guru dalam proses penyampaian materi. Media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan berbasis multimedia untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman anak-anak TK Tunas Melati. Dalam hal ini guru sabagai fasilitator dalam menyampaikan tata cara penggunaan media pembelajaran dan anak-anak berperan aktif dalam menerima materi pembelajaran.   Â
           Dalam penelitian ini adalah media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan untuk TK Tunas Melati. Analisis dilakukan untuk menentukan spesifikasi kebutuhan pembelajaran untuk media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan agar sesuai kebutuhan. Implementasi sistem memanfaatkan Adobe Flash Professional CS3, Adobe Soundbooth Professional CS3, dan Action Script. Sistem yang dihasilkan diuji dengan 2 metode, yaitu black box test dan alpha test. Diskusi dilakukan kepada guru dan wali murid untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan pemahaman anak-anak terhadap pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan.
Hasil dari penelitian adalah terbentuknya aplikasi media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan berbasis multimedia untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman anak-anak terhadap jenis-jenis tumbuhan. Dari hasil uji black box test untuk jawaban “Ya†100% dan untuk jawaban “Tidakâ€Â 0% dapat disimpulkan keluaran dari media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan telah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan tidak terdapat error pada saat aplikasi media pembelajaran digunakan dan untuk hasil uji alpha test untuk SS (sangat setuju) 70%, S (setuju) 80%, KS (kurang setuju) 0% dan TS (tidak setuju) 0% dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan mampu membantu guru untuk menyampaikan materi tentang jenis-jenis tumbuhan dan mampu meningkatkan minat belajar dan pemahamnan anak-anak terhadap jenis-jenis tumbuhan serta wali murid bisa membantu anak-anak dalam belajar pengenalan jenis-jenis tumbuhan pada saat di rumah. Hasil pengujian menunjukkan 100% media pembelajaran tentang jenis-jenis tumbuhan mampu meningkatkan minat belajar dan pemahaman pada anak-anak TK Tunas Melati Yogyakarta.
Kata Kunci: Multimedia, Pembelajaran, Tumbuh-tumbuhan , Tunas Melati.Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.