MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN JENIS - JENIS TUMBUHAN BERBASIS MULTIMEDIA STUDI KASUS (TK TUNAS MELATI YOGYAKARTA)

Authors

  • - Partimawati Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Wahyu Pujiyono Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3053

Abstract

Pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan masih sulit di pahami serta proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional menyebabkan suasana belajar yang terkesan kaku dan anak-anak sibuk bermain sehingga perlu dibuatkan media pembelajaran yang dapat membantu peran guru dalam proses penyampaian materi. Media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan berbasis multimedia  untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman anak-anak TK Tunas Melati. Dalam hal ini guru sabagai fasilitator dalam menyampaikan tata cara penggunaan media pembelajaran dan anak-anak berperan aktif dalam menerima materi pembelajaran.    

            Dalam penelitian ini  adalah media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan untuk TK Tunas Melati. Analisis dilakukan untuk menentukan spesifikasi kebutuhan pembelajaran untuk media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan agar sesuai kebutuhan. Implementasi sistem memanfaatkan Adobe Flash Professional CS3, Adobe Soundbooth Professional CS3, dan Action Script. Sistem yang dihasilkan diuji dengan 2 metode, yaitu black box test dan alpha test. Diskusi dilakukan kepada guru dan wali murid untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan pemahaman anak-anak terhadap pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan.

Hasil dari penelitian adalah terbentuknya aplikasi media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan berbasis multimedia untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman anak-anak terhadap jenis-jenis tumbuhan. Dari hasil uji black box test untuk jawaban “Ya†100% dan untuk jawaban “Tidakâ€Â  0%  dapat disimpulkan keluaran dari media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan telah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan tidak terdapat error pada saat aplikasi media pembelajaran digunakan dan untuk hasil uji alpha test untuk SS (sangat setuju) 70%, S (setuju) 80%, KS (kurang setuju) 0% dan TS (tidak setuju) 0% dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan mampu membantu guru untuk menyampaikan materi tentang jenis-jenis tumbuhan dan mampu meningkatkan minat belajar dan pemahamnan anak-anak terhadap jenis-jenis tumbuhan serta wali murid bisa membantu anak-anak dalam belajar pengenalan jenis-jenis tumbuhan pada saat di rumah. Hasil pengujian menunjukkan 100% media pembelajaran tentang jenis-jenis tumbuhan mampu meningkatkan minat belajar dan pemahaman  pada anak-anak TK Tunas Melati Yogyakarta.

Kata Kunci: Multimedia, Pembelajaran, Tumbuh-tumbuhan , Tunas Melati.

Published

01-06-2015

Issue

Section

Articles