Pengenalan Makanan Khas Daerah Riau Dengan Augmented Reality Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v12i3.30009Keywords:
Augmented Reality, Makanan tradisional Riau, Multimedia Development Life CycleAbstract
Indonesia adalah negara dengan kekayaan sumber daya alam dan budaya yang melimpah, keberagaman budaya membuat selera dan ciri khas berbeda disetiap daerah. Salah satu produk dari budaya adalah makanan tradisional. Seiring dengan perkembangan yang semakin modern, perubahan gaya hidup, gencarnya promosi makanan asing, kondisi makanan tradisional yang belum mampu menarik minat karena segi penyediaan dan pengolahan yang kurang praktis sehingga masyarakat khususnya remaja-remaja menjadi kurang wawasan atau pengetahuan akan makanan tradisional apalagi didaerah Riau. Hal ini menjadikan kurangnya minat mereka untuk mempelajari budaya Indonesia khususnya makanan tradisional dan lebih tertarik dengan budaya asing salah satu contohnya adalah menggemari fast food daripada makanan tradisional. Untuk itu penelitian ini diadakan agar masyarakat bisa menambah ilmu pengetahuannya tentang makanan tradisional melalui aplikasi augmented reality pengenalan makanan tradisional Riau. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) untuk menghasilkan aplikasi augmented reality pengenalan makanan tradisional Riau. Pengambilan data dilakukan dengan Teknik studi kepustakaan,wawancara dan penyebaran kuisioner kepada 21 masyarakat Riau. Hasil penelitian ini adalah augmented reality dapat menampilkan objek makanan tradisional kedalam bentuk tiga dimensi sederhana yang dapat dilihat secara menyeluruh dan dapat digunakan secara efektif dalam menambah ilmu pengetahuan tentang makanan tradisional Riau dan membuat marker dalam bentuk gambar lebih menarik dari hanya marker hitam putih.
References
[1] A. S. P. Tyas, “Identifikasi kuliner lokal Indonesia dalam pembelajaran bahasa Inggris,” J. Pariwisata Terap., vol. 1, no. 1, pp. 38–51, 2017.
[2] A. Sanna and F. Manuri, “A survey on applications of augmented reality,” Adv. Comput. Sci. an Int. J., vol. 5, no. 1, pp. 18–27, 2016.
[3] A. S. P. Tyas, “Identifikasi kuliner lokal Indonesia dalam pembelajaran bahasa Inggris,” J. Pariwisata Terap., vol. 1, no. 1, pp. 38–51, 2017.
[4] Sam'an Alghozy, Endah Sudarmillah, “Implementasi Teknologi Augmented Reality Untuk Memperkenalkan Makanan Tradisional,” J. Informatika AINET., vol.2, no.1, pp.2020
[5] Islamy, F. T., & Frieyadie, F. (2019). Pembelajaran Pengenalan Rambu Lalu Lintas Yang Umum Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Telematika, 14(1), 1–8. Retrieved from https://journal.ithb.ac.id/telematika/article/view/271
[6] Mulyana, Y. A., Setiawan, I. R., & Lelah, L. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Augmented Reality Mengenal Alat Musik Degung. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(2), 342–353. https://doi.org/10.28932/jutisi.v6i2.2699
[7] Dimas Wahyu Wibowo, Odhitya Desta Triswidrananta, And Maulidya Handah Putri,”Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Untuk Media Pembelajaran Dengan Metode Multiple Marker,” J.Sistem dan Informatika., vol.16,no.1, pp. November, 2021
[8] Viktor Handrianus Pranatawijaya,”Implementasi Augmented Reality Pada Menu Rumah Makan,” J.Teknologi Informasi., vol.14, no.1, pp. Januari, 2020
[9] Widyananda, R. F. (2021, Februaru 10). Merdeka.com. Retrieved from Pengertian Budaya Menurut Pandangan Para Ahli, Jangan Sampai Keliru: https://m.merdeka.com/jatim/pengertian-budaya-menurut-pandangan-para-ahli- jangan-sampai-keliru kln.html?site=merdeka&utm_source=Digital+Marketing&utm_medium=Partnership&ut m_campaign=Line
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elsty Awalia Septiani, Ika Arfiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.