Analisis Kebutuhan untuk Pengembangan Sistem CRM

Authors

  • Sri Rustiningsih Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan
  • Sri Handayaningsih Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2945

Abstract

PT. Mandar Utama Tiga merupakan perusahaan yang bergerak di bidang multimedia seperti digital video, cetak full color, desain grafis, print outdor, digital foto. PT. Mandar Utama Tiga memiliki beberapa permasalahan yang berkaitan dengan analisis kebutuhan pengembangan sistem CRM. Masalah-masalah tersebut adalah tidak adanya perencanaan analisis untuk kebutuhan sistem aplikasi CRM untuk pengolahan data pemesanan sehingga membutuhkan suatu analisis pengembangan rancangan sistem aplikasi CRM, tidak adanya perencanaan analisis untuk kebutuhan sistem aplikasi komplain produk sehingga membutuhkan suatu pengembangan rancangan sistem aplikasi CRM untuk komplain, tidak adanya perencanaan analisis kebutuhan CRM untuk membuat rancangan profile customer sehingga diperlukan analisis kebutuhan CRM PT. Mandar Utama Tiga dengan COBIT 4.1 untuk pengembangan sistem CRM. Untuk mengatasi tersebut maka perlu dibangun suatu analisis kebutuhan CRM PT. Mandar Utama Tiga dengan COBIT 4.1 untuk pengembangan sistem CRM yang berguna untuk membina hubungan yang lebih dekat antara customer dan pihak perusahaan dengan menciptakan komunikasi dua arah dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara customer dan PT. Mandar Utama Tiga.

Dalam penelitian ini, metode yang digunakan dalam pembuatan analisis kebutuhan untuk pengembangan sistem aplikasi CRM adalah COBIT 4.1. Pertama subjek penelitian, kedua alat penelitian, ketiga metode pengumpulan data, keempat analisis yaitu analisis kondisi saat ini, analisis kondisi yang diharapkan dan analisis SWOT kelima analisis kebutuhan menggunakan metode COBIT 4.1 dilakukan dengan penyebaran kuesioner awal. Analisis kebutuhan pengembangan sistem CRM pada PT. Mandar Utama Tiga terdapat perancangan konteks diagram dan DFD level. Dan kemudian sistem antarmuka dan setelah itu baru dilakukan pengujian sistem CRM dan yang terakhir yaitu rekomendasi.

Dari penelitian ini yang dilakukan menghasilkan analisis kebutuhan CRM dengan COBIT 4.1 di PT. Mandar Utama Tiga untuk pengembangan sistem CRM sebagai bahan acuan dalam pembuatan sistem CRM. Dari pengujian sistem CRM yang dilakukan, didapat hasil bahwa 100% responden yang terdiri dari karyawan dan customer menyetujui analisis kebutuhan dan pengembangan sistem aplikasi CRM yang diusulkan.

Kata kunci : PT. Mandar Utama Tiga, Analisis Kebutuhan Pengembangan Sistem CRM, Customer Relationship Management  (CRM), COBIT 4.1.

Downloads

Published

01-02-2015

Issue

Section

Articles