Pembuatan Model CRM (Customer Relationship Management) di PT. Mandar Utama Tiga Yogyakarta Dengan Metode Operational, Analytical dan Collaborative
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2922Abstract
Teknologi informasi di PT. Mandar Utam Tiga Yogyakarta pada dasarnya sudah diterapkan namun belum secara optimal. Hubungan antara perusahaan dengan customer yang belum terjalin dengan baik menyebabkan pertukaran, pencaharian, pelayanan ataupun penyebaran sebuah informasi menjadi kurang efisien dan efektif, ditambah pula dengan masalah keterbatasan fasilitas pendukung pelayanan di PT. Mandar Utama Tiga membuat interaksi antar perusahaan dengan customer tidak berjalan dengan baik.
Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan identifikasi strategi bisnis pada desain model CRM. Identifikasi strategi bisnis pada perusahaan dilakukan dengan menerapkan strategi analisis CRM yang dibagi menjadi tiga, yaitu Operational CRM, Analytical CRM dan Collaborative CRM. Dalam hal ini dilakukan analisis mengenai implementasi CRM, permasalahan dalam implementasi, tantangan dalam implementasi CRM dan segmentasi pelanggan. Pada tahap Operational CRM dilakukan identifikasi kebutuhan sesuai alur kerja di perusahaan yang kemudian dituangkan dalam bentuk proses bisnis, pada tahap analytical CRM dilakukan identifikasi keadaan saat ini dan harapan masa yang akan datang yang berorientasi pada pelayanan terhadap customer. Collaborative CRM membahas tentang interaksi antar perusahaan dengan kemungkinan jalur komunikasi ke customer, beberapa jalur komunikasi yang dijadikan alat untuk melakukan interaksi seperti web dan chat/SMS, langkah terakhir yaitu pemodelan system dengan mengedepankan teknologi pelayanan di PT. Mandar Utama Tiga Yogyakarta.
Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan model yaitu: “Pembuatan Model CRM di PT. Mandar Utama Tiga†yang dapat memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan customer melalui media layanan yang tersedia. Hasil uji kelayakan model menunjukan bahwa model yang diusulkan dapat diimplementasikan dan dapat membantu mendukung strategi dalam meningkatkan pelayanan di PT. Mandar Utama Tiga, sehingga terjalin hubungan yang kondusif dengan customer.
Kata kunci: Model CRM, PT. Mandar Utama Tiga, operational, analytical, collaborative.
References
Achmad, Mahmud., 2011, Pengertian dan Klasifikasi Model. Jurnal Teknik Simulasi dan Pemodelan , Jilid 2, No 21
Barnes, James G (2003). Secrets Of Customer Relationship Mangement Rahasia Menajemen Hubungan Pelanggan. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Hendra Prasojo, Ari., SH. 2002. Analisis Konsep Customer Relationship Management (CRM) Dalam Rangka Peningkatan Loyalitas Pelanggan, Karya tulis, Universitas Diponegoro, Semarang.
Mardhani Sulistyo, Tri., (2012), Pembuatan Model Customer Relationship Management (CRM) E-government di Kominfo D.I.Y, karya tulis, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Miftahul ulum, Muhammad., 2011, Artikel Pentingnya CRM (Customer Relationship Management) Untuk Meningkatkan Loyalitas.
Muqaffa, Wieda., 2013, Sistem Informasi Customer Relationship Management CV Budi Utama (Deepublish), karya tulis, Universitas Islam Negeri sunan kalijaga, Yogyakarta.
Oetomo, Budi SD, S.Kom., Simanjuntak, John Philio, SE., MM; Sukoco, Andreas, Ari, Drs., MM (2003). “i-CRM Membina Relasi Dengan Pelanggan.Comâ€. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Surendro, Kridanto.2009. pengembangan rencana induk system informasi. Bandung: Informatika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.