PEMBUATAN MODEL CRM PADA DON’Q DONUTS (STUDI KASUS : DON’Q DONUTS)

Authors

  • Kusworo Bayu Kusumo Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan
  • Tedy Setiady Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2893

Abstract

Don’Q Donuts merupakan salah satu rumah produksi yang bergerak dalam bidang produksi donat. Dalam penjualan produksi yang dilakukan akhir-akhir ini mengalami penurunan. Banyak keluhan terhadap rasa donat yang tidak tetap (berubah tanpa disengaja). Pemasaran yang dilakukan pihak Don’Q Donuts juga tidak maksimal, karena semua proses bisnis yang berjalan di Don’Q Donuts belum memanfaatkan teknologi informasi secara optimal. Hal ini menyebabkan penurunan jumlah produksi maupun pendapatan dalam setiap bulannya.

 

Dengan adanya berbagai masalah yang ada di Don’Q Donuts maka akan dilakukan sebuah penelitian, dimana subyek yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu “ Pembuatan Model Customer Relationship Management (CRM) Pada Don’Q Donutsâ€. Model ini diharapkan bisa digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan strategi bisnis dimasa yang akan datang juga meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan penjualan di Don’Q Donuts.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan model sistem yaitu “ Kerangka Model CRM di Don’Q Donuts†yang dapat memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan customer melalui media layanan yang tersedia.

 

Kata kunci : Customer Relationship Management (CRM),Don’Q Donuts

References

http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/762/697 di akses pada tanggal 20 Mei 2013

Buttle Francis. 2004. Customer Relationship Management. Malang : Bayu Media Publisin

Ghozali Imam. 2008. Pembuatan Model CRM pada Dinas Perikanan Dan Kelautan Propinsi Daerah Yogyakarta. Yogyakarta : UAD

http://yohanesadityawijaya.blogspot.com/2010/08/customer-relationshipmanagement-crm.html di akses pada tanggal 10 Oktober 2013

Downloads

Published

01-10-2014

Issue

Section

Articles