MEDIA PEMBELAJARAN PENJADWALAN PROSES BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MEMUDAHKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH SISTEM OPERASI
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2878Abstract
Pembelajaran sistem operasi pada materi penjadwalan proses bagi sebagian mahasiswa susah dipahami. Berdasarkan data yang diperoleh dari 20 mahasiswa pernah mengambil mata kuliah sistem operasi, terlihat jumlah presentase mahasiswa yang tidak memahami materi penjadwalan proses lebih banyak dari pada mahasiswa yang paham akan materi penjadwalan proses. Â Jumlah mahasiswa membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran lebih banyak dari pada jumlah mahasiswa yang tidak membutuhkan. Untuk itu perlu dibangun aplikasi pembelajaran sistem operasi pada materi penjadwalan proses agar dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana belajar dan mempermudah dosen dalam menyampaikan materi.
Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode literatur, metode observasi, dan metode wawancara. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang naskah, design document, diagram navigasi, memproduksi sistem, pengujian sistem dengan black box dan white-box test, serta melakukan uji nilai T menggunakan paired t-test.
Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai pembelajaran Sistem Operasi pada materi Penjadwalan Proses bagi mahasiswa, setelah dibangunnya aplikasi media pembelajaran proses dari pengujian terlihat perbedaan dalam tingkat pemahanan dan minat mahasiswa dalam belajar matakuliah sistem operasi khususnya materi penjadwalan proses, hal ini mengacu dengan didapatnya nilai p = 0.004 < 0.05 dari hasil pengujian paired t-test. Berdasarkan hasil uji dapat disimpulkan aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran sistem operasi.
Â
Kata Kunci : Sistem Operasi, Penjadwalan proses, media Pembelajaran, Aplikasi,
       Multimedia.References
Septyaningsih, E., 2006, Visualisasi Program Pembelajaran Logika Matematika Untuk Siswa SMA Menggunakan Visual Basic 6.0, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Setiabudi, Wahyu Novian, 2005, Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia untuk mata pelajaran fisika bahasan kinetika gerak lurus, Skripsi S-1, Universitas Negeri Semarang.
Suyanto, M., 2005, Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Hariyanto, Bambang. 2007. Sistem Operasi. Bandung: Penerbit Informatika Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.