Pengenalan Budaya Provinsi Jambi Dengan Virtual Reality

Yoga Aditama, Bambang Robiin

Abstract


Budaya Jambi merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia, namun masih kurang dikenal oleh masyarakat luas. Globalisasi yang begitu cepat membuat budaya asing masuk ke Indonesia dengan sangat mudah, sehingga budaya lokal mengalami degradasi. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui budaya Jambi, khususnya tarian, rumah, dan alat musik tradisional. Permasalahan ini memicu pengembangan solusi dalam bentuk media pengenalan yang lebih menarik, yang memanfaatkan teknologi virtual reality. Virtual reality merupakan sebuah teknologi yang dapat menciptakan replika lingkungan dan menciptakan emosional seakan-akan pengguna berada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan budaya Jambi kepada masyarakat sehingga budaya Jambi dapat terjaga kelestariannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner, studi literatur, dan observasi sebagai metode pengumpulan data serta metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Pengujian aplikasi menggunakan Black Box dan Single Ease Question(SEQ). Pengujian SEQ dilakukan bersama 15 responden menghasilkan nilai rata-rata 6.3 yang berarti aplikasi mudah untuk digunakan.

Keywords


Budaya; Jambi; MDLC; Virtual Reality

References


A. W. Syakhrani and M. L. Kamil, “Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud

Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal,” J. form Cult., vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2022.

N. Indrayani and S. Supian, “PENINGKATAN PENANAMAN BUDAYA MELAYU JAMBI UNTUK MEMBENTUK

KARAKTER GENERASI MUDA,” ETNOREFLIKA J. Sos. dan Budaya, vol. 11, no. 1, pp. 78–89, Apr. 2022, doi:

33772/etnoreflika.v11i1.1078.

T. B. Silitonga, “Tantangan globalisasi, peran negara, dan implikasinya terhadap aktualisasi nilai-nilai ideologi

negara,” J. Civ. Media Kaji. Kewarganegaraan, vol. 17, no. 1, pp. 15–28, 2020, doi: 10.21831/jc.v17i1.29271.

I. M. Suyasa and I. N. Sedana, “Mempertahankan Eksistensi Media Cetak Di Tengah Gempuran Media Online,” J.

Komun. dan Budaya, vol. 1, no. 1, pp. 56–64, 2020, doi: 10.54895/jkb.v1i1.314.

D. S. Pamungkas, “Efektivitas Media Virtual Reality Dan Augmented Reality Pada Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Mata

Pelajaran Ipa Di Sdn Mlatiharjo 01 Semarang Nim,” Skripsi Univ. Negeri Semarang, 2020.

F. Bimasakti, R. Umar, and S. Sunardi, “Visualisasi Museum Muhammadiyah Menggunakan Teknologi Virtual

Reality,” x, vol. 3, no. 1, pp. 51–55, 2020, doi: 10.33387/jiko.v3i1.1735.

N. Nuraeni and D. Zaliluddin, “Rancang Bangun Virtual Reality Pemgenalan Tari Daerah di Jawa Barat Pada Sanggar

Tari Cineur,” vol. 5, no. 2, pp. 18–19, 2021.

H. F. Dalimunthe and P. Simanjuntak, “Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android

Menggunakan Augmented Reality,” Comput. Sci. Ind. Eng., vol. 9, no. 2, pp. 24–31, 2023, doi:

33884/comasiejournal.v9i2.7624.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v12i2.28583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yoga Aditama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.