MEDIA PEMBELAJARAN STRATEGI ALGORTIMA PADA POKOK BAHASAN POHON MERENTANG MINIMUM DAN PENCARIAN LINTASAN TERPENDEK

Authors

  • Taufiq Ismail Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
  • Tedy Setiady Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2857

Abstract

Pohon merentang minimum dan pencarian lintasan terpendek adalah materi yang terdapat pada matakuliah Strategi Algortima, dimana masih banyak mahasiswa yang belum memahaminya. Berdasarkan data nilai mahasiswa yang mengambil matakuliah Strategi Algoritma, dari data nilai tugas mengenai Pohon Merentang Minimum, dan berdasarkan hasil penliaian praktikum pada bahasan pohon merentang dan shortest path masih banyak mahasiswa yang belum memahaminya. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran Strategi Algortima untuk membantu mahasiswa memahamai materi yang disampaikan.

Peneltian ini menggunakan metode pengembangan software terhadap analisis user, analisis kebutuhan user dan analisis kebutuhan sistem yang dibangun dengan menggunakan konsep multimedia seperti suara, teks, grafis, gambar dan animasi. Aplikasi yang dibangun menggunakan tools Adobe Flash CS4. Pengujian sistem ini mengguakan metode Alpha Test dan Black Box Test.

Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Media Pembelajaran Pohon Merentang Minimum menggunakan metode Kruskal dan Prim serta Pencarian Lintasan Terpendek, yang dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi yang disampaikan dengan lebih baik, serta dosen dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan. Dimana aplikasi ini terdapat menu contoh soal, latihan, simulasi, evaluasi serta tombol untuk mengetahui hasil latihan dan evaluasi serta mencetaknya. Terdapat fitur khusus yaitu mengenai simulasi dimana mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan aplikasi dengan cara menginputkan langsung inputan data, serta menu latihan yang dapat memberikan daftar soal yang benar dan salah kemudian mahasiswa dapat langsung mereview soal tersebut.

 

Kata kunci : Multimedia, Pembelajaran, Lintasan Terpendek, Kruskal, Prim.

References

Nugraha Denny, W: “Aplikasi Algoritma Prim Untuk Menentukan Minimum Spanning Tree Suatu Graf Berbobot Dengan Menggunakan Pemrograman Berorientasi Objekâ€, Teknik elektro UNTAD, Palu, 2011.

Jatiningsih, T: “Rancang Bangun Aplikasi Minimum Spanning Tree (MST) Menggunakan Algoritma Kruskalâ€, Teknik informatika AMIKOM, Yogyakarta, 2010.

Daryanto, Tri, 2005, “Sistem Multimedia dan Aplikasinyaâ€, Graha Ilmu, Yogyakarta

Munir, R., (2009), Matematika Diskrit, Edisi 3, Informatika, Bandung. 01/06/2013

Maulana Syarif, A dan Nurtantio P : â€Kreasikan Animasimu dengan Adobe Flash Dalam Membuat Sistem Multimedia Interaktifâ€, Andi, Yogyakarta, 2013

Mohammad Jeprie, 2006, “Student Guide Series: Macromedia Flash Mx 2004â€, Elek Media Komputindo, Jakarta.

Downloads

Published

01-06-2014

Issue

Section

Articles