MEDIA PEMBELAJARAN HIMPUNAN FUZZY BERBASIS MULTIMEDIA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2726Abstract
Pembelajaran Fuzzy Logic tentang Teori Himpunan Fuzzy bagi sebagian mahasiswa sangatlah susah dipahami. Apalagi pada kegiatan belajar mengajar dalam kelas yang singkat dan banyak materi perhitungan yang abstrak serta metode pembelajaran yang konvensional, tanpa adanya variasi dalam pembelajaran yang dampaknya mahasiswa kurang memahami materi. Hal ini membuat turunnya nilai-nilai mahasiswa. Untuk itu, perlu dibangun aplikasi pembelajaran agar dapat digunakan mahasiswa sebagai alat bantu untuk mempelajari materi Himpunan Fuzzy pada mata kuliah Fuzzy Logic dan mahasiswa dapat memahami materi himpunan fuzzy dengan mudah. Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Fuzzy Logic untuk Teori Himpunan Fuzzy.  Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, metode wawancara,dan metode observasi. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test. Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Fuzzy Logic khususnya teori Himpunan Fuzzy bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan yang berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran Fuzzy Logic di kelas.
Â
Kata Kunci : Fuzzy Logic, Himpunan Fuzzy, Pembelajaran, Multimedia
References
Buddin, Syafrudin Latuya, 2011, Media Pembelajaran Fuzzy Logic untuk Materi Metode Tsukamoto, Skripsi S1 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Puguh, Ferangga, 2013, Media Pembelajaran Materi Texture Mapping Pada Mata Kuliah Grafika Komputer Berbasis Multimedia, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Pujiyanta Ardi, 2010, Teori dan Aplikasi Fuzzy Logic, Yogyakarta, Ardana Media.
Sanjaya, Wina. 2008. â€Perancangan dan Desain Sistem Pembelajaranâ€, Pernada Media Group, Jakarta.Santosa P. Insap, Ir., M.Sc.,1997, Interaksi Manusia dan Komputer Teori dan Praktek, Yogyakata, ANDI OFFSET.
Santoso, Insap. 2004. â€Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktekâ€, Andi Offset, Yoyakarta.
Suyanto, M. 2003. â€Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Alat Bersaingâ€, Andi Offset, Yoyakarta.
Vaughan, Tay. 2006. â€Multimedia : Making It Workâ€, Andi Offset, Yogyakarta.
Yudhintoro, Dhani. 2010. â€Membuat Animasi Web Dengan Macromedia Profesional 8â€, Andi Offset, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.