Penerapan Metode Keyframe dalam Pembuatan Animasi 3D “Echoes of Adzan”

Authors

  • Salsabila Ramadanti Nuraini Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Arneizha Biktarinanda Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Ferelian Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Prana Wijaya Pratama Nandana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Fresy Nugroho Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Juniardi Nur Fadila Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v11i3.26512

Keywords:

Animasi 3D, Metode Keyframe, Karakter, Lingkungan Virtual, Visual, Realistis

Abstract

Animasi 3D telah menjadi bidang yang semakin penting dan populer dalam industri hiburan dan pengembangan visual. Artikel ini memperkenalkan penerapan metode Keyframe dalam pembuatan sebuah animasi 3D yang berjudul "Echoes of Adzan". Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan metode Keyframe untuk digunakan secara efektif dalam menghasilkan animasi 3D secara realistis dan menciptakan pengalaman visual yang mendalam bagi penonton.Metode Keyframe digunakan sebagai pendekatan utama dalam desain karakter, pengaturan gerakan, ekspresi karakter, perencanaan konseptual, pembuatan lingkungan virtual, serta penentuan pose dan pergerakan kunci karakter melalui penggunaan Keyframe.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Keyframe dalam pembuatan animasi 3D "Echoes of Adzan" mampumenghasilkan animasi 3D yang berkualitas tinggi dengan menghadirkan pergerakan yang halus, ekspresi wajah yang detail, dan kesan realistis pada karakter. Hasil ini dapat memberikan kontribusi positif bagi industri animasi 3D, terutama dalam menghasilkan konten yang memikat hati penonton.

References

S. Martin Paskah Isura, “Pembuatan Keyframe dalam Animasi Vulcanid: Rise of The Garudha”, Yogyakarta: ISI Yogyakarta, 2022.

W. Wisnu, “Peringkasan Konten Video Menggunakan Metode Berbasis Frame Kunci (Keyframe),” Vol 1. No 2. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2012, pp. 82.

M. Eka, “Analisis Dan Pembuatan Rigging Karakter 3d Pada Animasi 3d “Jangan Bohong Dong,” Malang: Politeknik Negeri Malang, 2016.

S. L. Alief, “Mengenal 3D Modelling,” researchgate.net, April 2016, Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/331912203_ANALISIS_DAN_PEMBUATAN_RIGGING_KARAKTER_3D_PADA_ANIMASI_3D_JANGAN_BOHONG_DONG.

P. Bayu, “Perbedaan Animasi 2D dan 3D”, SAE Indonesia, Juni 2023, Diakses dari https://indonesia.sae.edu/id/perbedaan-animasi-2d-dan-3d/.

Rona Guines Purnasiwi, Mei P. Kurniawan, “Perancangan Dan Pembuatan Animasi 2d “Kerusakan Lingkungan” Dengan Teknik Masking”, Jurnal Dasi. Yogyakarta, Vol. 14, No. 3, pp.55-57, December 2013.

Munir, “Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan”, Bandung : Alfabeta, 2012.

Sofyan, A.F, Purwanto, A, “DIGITAL MULTIMEDIA: Animasi, Sound Editing, & Video Editing”, Yogyakarta : Penerbit ANDI, 2008.

Putra, M.S.A.D. “Pembuatan Aplikasi Model 3D Interaktif Menggunakan Blender (Studi Kasus: Gedung STMIK AMIKOM Yogyakarta)”, Yogyakarta : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM, 2014.

Z. Taronisokhi, N. Berto, S. Soni Bahagia, “Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D”, in Jurnal ABDIMAS Budi Darma, Vol. 1, No. 1, Medan, Agustus 2020, pp. 18-21.

Christman Toding, Arie S. M . Lumenta, Dringhuzen J. M amahit, “Pembuatan Animasi 3 Dimensi Perbedaan Sampah Organik dan Anorganik untuk Anak-Anak”, in E-Journal Teknik Informatika, Vol. 12, No.1, Manado, 2017.

Febri Yuningsih, Ahmaddul Hadi, Asrul Huda, “Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Menginstalasi PC”, in Voteteknika, Vol. 2, No.2, Padang, 2014.

Y. Affandi, N. Satia Nuryanto, E. Mahendra, and S. Eka Setiawan, “Implementasi Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 2D Gerakan Ruku’Shalat,” in Respati, Vol. 14, No. 1, pp. 12–16, 2019

Mahadir Muhamad Erfin Abdilah, Juniardi Nur Fadila, Fresy Nugroho, “Metode Pose to Poseuntuk Membuat Animasi 3 Dimensi Islami "Keutamaan Berbuka Puasa"”, in Jurnal Sains dan Informatika, Vol. 7, No.2, pp. 145-152, 2021.

I Nyoman Adi Wardiana, I Nyoman Piarsa, Gusti Made Arya Sasmita, “Rancang Bangun Film Animasi 3 Dimensi Sejarah Pura Tanah Lot”, in E-Journal SPEKTRUM, Vol. 2, No. 4, Denpasar, 2015.

Downloads

Published

25-10-2023

Issue

Section

Articles