Penerapan Metode Keyframe dalam Pembuatan Animasi 3D “Echoes of Adzan”
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v11i3.26512Keywords:
Animasi 3D, Metode Keyframe, Karakter, Lingkungan Virtual, Visual, RealistisAbstract
Animasi 3D telah menjadi bidang yang semakin penting dan populer dalam industri hiburan dan pengembangan visual. Artikel ini memperkenalkan penerapan metode Keyframe dalam pembuatan sebuah animasi 3D yang berjudul "Echoes of Adzan". Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan metode Keyframe untuk digunakan secara efektif dalam menghasilkan animasi 3D secara realistis dan menciptakan pengalaman visual yang mendalam bagi penonton.Metode Keyframe digunakan sebagai pendekatan utama dalam desain karakter, pengaturan gerakan, ekspresi karakter, perencanaan konseptual, pembuatan lingkungan virtual, serta penentuan pose dan pergerakan kunci karakter melalui penggunaan Keyframe.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Keyframe dalam pembuatan animasi 3D "Echoes of Adzan" mampumenghasilkan animasi 3D yang berkualitas tinggi dengan menghadirkan pergerakan yang halus, ekspresi wajah yang detail, dan kesan realistis pada karakter. Hasil ini dapat memberikan kontribusi positif bagi industri animasi 3D, terutama dalam menghasilkan konten yang memikat hati penonton.References
S. Martin Paskah Isura, “Pembuatan Keyframe dalam Animasi Vulcanid: Rise of The Garudha”, Yogyakarta: ISI Yogyakarta, 2022.
W. Wisnu, “Peringkasan Konten Video Menggunakan Metode Berbasis Frame Kunci (Keyframe),” Vol 1. No 2. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2012, pp. 82.
M. Eka, “Analisis Dan Pembuatan Rigging Karakter 3d Pada Animasi 3d “Jangan Bohong Dong,” Malang: Politeknik Negeri Malang, 2016.
S. L. Alief, “Mengenal 3D Modelling,” researchgate.net, April 2016, Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/331912203_ANALISIS_DAN_PEMBUATAN_RIGGING_KARAKTER_3D_PADA_ANIMASI_3D_JANGAN_BOHONG_DONG.
P. Bayu, “Perbedaan Animasi 2D dan 3D”, SAE Indonesia, Juni 2023, Diakses dari https://indonesia.sae.edu/id/perbedaan-animasi-2d-dan-3d/.
Rona Guines Purnasiwi, Mei P. Kurniawan, “Perancangan Dan Pembuatan Animasi 2d “Kerusakan Lingkungan” Dengan Teknik Masking”, Jurnal Dasi. Yogyakarta, Vol. 14, No. 3, pp.55-57, December 2013.
Munir, “Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan”, Bandung : Alfabeta, 2012.
Sofyan, A.F, Purwanto, A, “DIGITAL MULTIMEDIA: Animasi, Sound Editing, & Video Editing”, Yogyakarta : Penerbit ANDI, 2008.
Putra, M.S.A.D. “Pembuatan Aplikasi Model 3D Interaktif Menggunakan Blender (Studi Kasus: Gedung STMIK AMIKOM Yogyakarta)”, Yogyakarta : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM, 2014.
Z. Taronisokhi, N. Berto, S. Soni Bahagia, “Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D”, in Jurnal ABDIMAS Budi Darma, Vol. 1, No. 1, Medan, Agustus 2020, pp. 18-21.
Christman Toding, Arie S. M . Lumenta, Dringhuzen J. M amahit, “Pembuatan Animasi 3 Dimensi Perbedaan Sampah Organik dan Anorganik untuk Anak-Anak”, in E-Journal Teknik Informatika, Vol. 12, No.1, Manado, 2017.
Febri Yuningsih, Ahmaddul Hadi, Asrul Huda, “Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Menginstalasi PC”, in Voteteknika, Vol. 2, No.2, Padang, 2014.
Y. Affandi, N. Satia Nuryanto, E. Mahendra, and S. Eka Setiawan, “Implementasi Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 2D Gerakan Ruku’Shalat,” in Respati, Vol. 14, No. 1, pp. 12–16, 2019
Mahadir Muhamad Erfin Abdilah, Juniardi Nur Fadila, Fresy Nugroho, “Metode Pose to Poseuntuk Membuat Animasi 3 Dimensi Islami "Keutamaan Berbuka Puasa"”, in Jurnal Sains dan Informatika, Vol. 7, No.2, pp. 145-152, 2021.
I Nyoman Adi Wardiana, I Nyoman Piarsa, Gusti Made Arya Sasmita, “Rancang Bangun Film Animasi 3 Dimensi Sejarah Pura Tanah Lot”, in E-Journal SPEKTRUM, Vol. 2, No. 4, Denpasar, 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.