Perencanaan dan Pembuatan Animasi Tiga Dimensi dengan Muatan Nilai Islami yaitu “Antri itu Islam”

Authors

  • Alivia Azzahra Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Fauzil Hidayatullah Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Hamzah Faizal Asyhari Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Yuzema Mala Nazira Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Fresy Nugroho Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Ahmad Fahmi Karami Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v12i1.26484

Keywords:

Animasi 3d, Blender, Era Digital, Islam, Karakter

Abstract

Di era digital saat ini banyak sekali alternatif untuk media belajar, salah satunya adalah animasi 3D. Perkembangan zaman sangat memudahkan orang tua, guru, dan tenaga didik lain untuk mengajarkan ajaran agama Islam kepada anak-anak. Animasi 3D menjadi salah satu alternatif yang paling banyak digunakan, selain mudah menarik perhatian anak, animasi 3D juga mudah dimengerti untuk anak-anak. Animasi 3D ini dapat berupa karakter animasi yang banyak digemari oleh anak-anak. Pembuatan karakter animasi “Antri Itu Islam” bisa menggunakan software “Blender”. Software ini sangat membantu dalam pembuatan animasi, pewarnaan animasi, pembuatan latar, serta pemberian struktur dan kontrol pada karakter 3D. Pembuatan animasi ini dapat membantu para tenaga pendidik maupun orang tua mengajarkan kepada anak-anak terkait nilai antri menurut ajaran Islam.

References

T. Amanda, H. Deviana, and I. Mekongga, “Penerapan Animasi 3D Pada Media Pembelajaran Blender Dasar,” Jurnal Laporan Akhir Teknik Komputer, Vol. 1, No. 3, pp. 11-19, 2022.

M. Asvin Abdur Rohman, “Konsep Arti Islam Dalam Al-Qur’an,” Jurnal Studi Islam dan Humaniora, Vol. 2, No. 2, pp. 50-64, 2022.

Akbar, Syahrul, dan M. N. Malik, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blender 3D Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)”, eprints UNM, 2019.

Y. I. Nurhasanah and S. Destyany, “Implementasi Model CMIFED Pada Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Anak Usia TK dan Playgroup,” Jurnal Informatika, Vol.2, No. 2, pp. 1-12, 2011.

J. R. Prasetyadi and M. P. Kurniawan, “Perancangan Dan Pembuatan Film Animasi 2d ‘Popo and Bumbum’ dengan Teknik Kamera Hot Moves Pada Adobe Photoshop CS5.”, STMIK Amikom, 2015.

Nanda Pramanto, “Gambar 4.1.1.1 Tampilan proses modeling karakter numod tampak depan dengan poses ‘T Pose’ Gambar 4.1.1.2 Tampilan proses modeling karakter numod tampak samping dengan poses ‘T Pose”, Universitas Dinamika, 2020.

M. Fadya and I. P. Sari, “Modelling 3D dan Animating Karakter pada Game Edukasi ‘World War D’ Berbasis Android,” Jurnal Multimedia Networking Informatics, Vol. 4, No. 2, pp. 43-48, 2018.

P. Studi, “Penerapan Texturing 3D Dengan UV Mapping Pada Project Animasi Berjudul Isyarat Kerja Praktik,” Universitas Dinamika, 2020.

E. K. Hadi, J. N. Fadila, and F. Nugroho, “Perancangan Animasi 3D ‘Remember’ dengan Metode Pose to Pose,” Jurnal Nuansa Informatika, Vol. 15, No. 2, pp. 14-20, 2021.

M. Camda, A. Djirong, and Alimuddin, “Perancangan Animasi 3D Untuk Kampanye Makassar Bersih,” Jurnal Imajinasi, Vol.2, No.1, pp. 1-10, 2018.

M. I. Lau, A. Dzikri, dan S. Prasetyaningsih, “Implementasi Teknik Rigging pada Film Animasi 2 Dimensi Gasis Sapu Lidi,’” Jurnal SIMETRIS, Vol. 7, No. 2, pp. 472-438, 2016.

A. Satriawan dan M. E. Apriyani, “‘Analisis dan Pembuatan Rigging Karakter 3D pada Animasi 3D ‘Jangan Bohong Dong’,’” Jurnal Teknik Informatika, Vol. 9, No. 1, pp. 72-77, 2016

M. E. Apriyani and I. Setyoko, “Analisis Perbandingan Teknik Rendering V-Ray dan Mental Ray Pada Film Animasi 3d Robocube,” Jurnal Teknik Informatika, Vol. 9, No. 1, pp. 54-61, 2016.

S. Sutarti, N. Ngatono, dan N. Seticaya, “Implementasi Rendering Farm dengan Teknologi Cluster Computing Menggunakan Back Burner di Laboratorium Multimedia,” Jurnal Dinamika Informatika, Vol. 7, No. 2, 2018.

Downloads

Published

25-02-2024

Issue

Section

Articles