MEDIA PEMBELAJARAN WIRED LAN DAN WIRELESS LAN PADA MATA KULIAH KOMUNIKASI DATA DAN JARINGAN KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2645Abstract
Mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Wired LAN dan Wireless LAN sehingga mahasiswa juga mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal – soal yang diberikan oleh dosen. Penyampaian materi yang hanya mengandalkan buku dan penjelasan melalui slide powerpoint dari dosen menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan cenderung membosankan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya nilai akhir mahasiswa yang kurang baik atau tidak memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu kegiatan perkuliahan Komunikasi Data dan Jaringan Komputer. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar dalam kegiatan belajar khususnya mengenai Wired LAN dan Wireless LAN.
Metode penelitian ini dilaksanakan dengan mengidentifikasi permasalahan, pengumpulan data melalui metode survey, observasi, interview dan literature. Data yang terkumpul digunakan untuk menganalisis user, kebutuhan user, kebutuhan sistem. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup mendefinisikan masalah, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, uji sistem dengan black box dan alpha test.
Berdasarkan hasil pengujian menggunakan black box test dan alpha test dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran Wired LAN dan Wireless LAN pada matakuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer.
Kata Kunci : Wired LAN, Wireless LAN, Media Pembelajaran, Komunikasi Data, Jaringan KomputerReferences
Arifin, Zaenal, 2005, Langkah Mudah Membangun Jaringan Komputer, Andi, Yogyakarta
Hartoro, Gunardi Dwi, 2009, WiFi Wireless LAN Jaringan Komputer Tanpa Kabel, Informatika, Bandung
Sofana, Iwan, 2008, Mudah Membuat Jaringan Komputer (wire & wireless) untuk pengguna Windows dan Linux, Informatika, Bandung
Utomo, Haryono, 2011, Media Pembelajaran Jaringan Komputer Dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk SMA Kelas X http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=8606
Stya, Kuncoro Eka, 2010, Rancang Bangun Game Sinjan Untuk Pembelajaran Jaringan Komputer Tingkat SMK, http://eepis-its.edu/uploadta/downloadmk.php?id=887
Perdah, Muhammad Tubagus, 2011, Perancangan Multimedia Pembelajaran Topologi Jaringan Untuk Tingkat SMK, http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=10680
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.