Penggunaan Metode Pose to Pose dalam Perancangan Animasi 3D Islami dengan Judul “Beli Sepatu”
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v11i2.26373Keywords:
Animasi 3D, Islami, Pose to PoseAbstract
Penelitian ini memiliki urgensi menghadirkan animasi 3D Islami berkualitas tinggi yang menginspirasi dan mengajarkan dengan memanfaatkan teknik perancangan yang tepat. Penelitian ini akan mengkaji penggunaan metode pose to pose dalam perancangan animasi 3D Islami. Tujuan penelitian ini adalah mengaplikasikan teknik pose to pose ke dalam pembuatan animasi 3D Islami. Metode ini memprioritaskan perencanaan pose-pose kunci untuk menghasilkan animasi yang halus dan ekspresif. Metode ini juga memberikan kerangka kerja sistematis dan membantu animator mengatur gerakan karakter dengan efisien. Penelitian ini meliputi tiga tahap: pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Pose-pose kunci menjadi referensi animator dalam membangun animasi secara keseluruhan. Proses implementasi dilakukan menggunakan kakas Blender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pose to pose dalam animasi 3D Islami menghasilkan animasi yang halus, ekspresif, dan mampu menyampaikan pesan Islami.References
Salmon, S. F., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2017). Penggunaan Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 3D Tarian Minahasa Maengket. Jurnal Teknik Informatika, 12(1).
Istifarriana, D. M., Kurniawan, H., & Kasmiati, K. (2021). Penanaman Karakter Religius Anak Usia Dini dalam Filim Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Golden Age, 5(2), 456-465.
Zebua, T., Nadeak, B., & Sinaga, S. B. (2020). Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 1(1), 18-21.
Nainggolan, H. (2017). Perancangan Animasi Wayang Pandawa Lima dalam Lakon Pilkada dengan Menggunakan Metode Pose to Pose. Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), 5(1), 64-69.
Astuti, H. (2021). Berbakti Kepada Orang Tua dalam Ungkapan Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 45-58.
Maikomah, S., Zahar, E., & Masni, H. (2018). Analisis Nilai Etika Tolong-Menolong Tokoh Hepi Dalam Novel Anak Rantau Karya A. Fuadi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 204-212.
K. G. O. Ciptahadi, A. A. N. M. C. D. Wisaka, and I. W. A. Budhayana, “Ilustrasi Animasi 3d Sejarah Hari Raya Galungan Di Pulau Bali,” J. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 1–9, 2017.
NA, F. F. (2019). Simulasi Gerak Hewan Burung Menggunakan Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 3D dalam surat Al-Fill (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Kurniawan, R. F. (2023). Perancangan Animasi 3D Bertemakan Islami dengan Judul “Bersyukur” Menggunakan Metode Pose to Pose. Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer (J-ICOM), 4(1), 25- 32.
Setyawan, H. (2013). Membangun film animasi cerita rakyat indonesia. Profetik, 6(1), 31-42.
Syahrir, S. (2020, January). Perancangan dan Pembuatan Modelling Animasi Karakter Syekh Yusuf Al-Maqassari dengan Metode Cell Shading. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) (Vol. 4, No. 1, pp. 97-102).
Setiawan, D. (2018). Evaluasi 3D Texturing Process Pada Bentuk Dinding Bangunan Bersejarah Candi Cetho. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 2(1), 6-11.
Satriawan, A., & Apriyani, M. E. (2016). Analisis Dan Pembuatan Rigging Karakter 3D pada Animasi 3D “Jangan Bohong Dong”. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).
Wildy, U. A. (2018). Animating Karakter pada Film Animasi 3D Perjalanan Rempah-Rempah.
Pamungkas, S. M., Putri, A. R., Pratama, I. A., Nahdiyah, N., Wulandari, C., Fadila, J. N., & Nugroho, F. (2021). Pembuatan Simulasi Perang Zaman Pertengahan dengan Metode Pose To Pose Menggunakan Software Blender. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 6(1), 1-8.
[16] Sanjaya, I. M. A., Lumenta, A. S., & Sugiarso, B. A. (2016). Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus: Polres Bolaang Mongondow). Jurnal Teknik Informatika, 9(1).
Oetomo, D. C. (2016). Pembuatan Audio Film Animasi 3D Penyaliban Yesus. CALYPTRA, 4(2), 1- 6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.