Penggunaan Metode Pose to Pose dalam Perancangan Animasi 3D Islami dengan Judul “Beli Sepatu”

Authors

  • Farid Ahmad Sa’aduddin UIN Maulana Malik Ibrahim
  • Adnan Muhammad Taufiqulhakim UIN Maulana Malik Ibrahim
  • Afiifah Zain Raidah UIN Maulana Malik Ibrahim
  • Suci Wulandari UIN Maulana Malik Ibrahim
  • Fresy Nugroho UIN Maulana Malik Ibrahim
  • Juniardi Nur Fadilaaa UIN Maulana Malik Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v11i2.26373

Keywords:

Animasi 3D, Islami, Pose to Pose

Abstract

Penelitian ini memiliki urgensi menghadirkan animasi 3D Islami berkualitas tinggi yang menginspirasi dan mengajarkan dengan memanfaatkan teknik perancangan yang tepat. Penelitian ini akan mengkaji penggunaan metode pose to pose dalam perancangan animasi 3D Islami. Tujuan penelitian ini adalah mengaplikasikan teknik pose to pose ke dalam pembuatan animasi 3D Islami. Metode ini memprioritaskan perencanaan pose-pose kunci untuk menghasilkan animasi yang halus dan ekspresif. Metode ini juga memberikan kerangka kerja sistematis dan membantu animator mengatur gerakan karakter dengan efisien. Penelitian ini meliputi tiga tahap: pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Pose-pose kunci menjadi referensi animator dalam membangun animasi secara keseluruhan. Proses implementasi dilakukan menggunakan kakas Blender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pose to pose dalam animasi 3D Islami menghasilkan animasi yang halus, ekspresif, dan mampu menyampaikan pesan Islami. 

References

Salmon, S. F., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2017). Penggunaan Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 3D Tarian Minahasa Maengket. Jurnal Teknik Informatika, 12(1).

Istifarriana, D. M., Kurniawan, H., & Kasmiati, K. (2021). Penanaman Karakter Religius Anak Usia Dini dalam Filim Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Golden Age, 5(2), 456-465.

Zebua, T., Nadeak, B., & Sinaga, S. B. (2020). Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 1(1), 18-21.

Nainggolan, H. (2017). Perancangan Animasi Wayang Pandawa Lima dalam Lakon Pilkada dengan Menggunakan Metode Pose to Pose. Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), 5(1), 64-69.

Astuti, H. (2021). Berbakti Kepada Orang Tua dalam Ungkapan Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 45-58.

Maikomah, S., Zahar, E., & Masni, H. (2018). Analisis Nilai Etika Tolong-Menolong Tokoh Hepi Dalam Novel Anak Rantau Karya A. Fuadi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 204-212.

K. G. O. Ciptahadi, A. A. N. M. C. D. Wisaka, and I. W. A. Budhayana, “Ilustrasi Animasi 3d Sejarah Hari Raya Galungan Di Pulau Bali,” J. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 1–9, 2017.

NA, F. F. (2019). Simulasi Gerak Hewan Burung Menggunakan Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 3D dalam surat Al-Fill (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Kurniawan, R. F. (2023). Perancangan Animasi 3D Bertemakan Islami dengan Judul “Bersyukur” Menggunakan Metode Pose to Pose. Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer (J-ICOM), 4(1), 25- 32.

Setyawan, H. (2013). Membangun film animasi cerita rakyat indonesia. Profetik, 6(1), 31-42.

Syahrir, S. (2020, January). Perancangan dan Pembuatan Modelling Animasi Karakter Syekh Yusuf Al-Maqassari dengan Metode Cell Shading. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) (Vol. 4, No. 1, pp. 97-102).

Setiawan, D. (2018). Evaluasi 3D Texturing Process Pada Bentuk Dinding Bangunan Bersejarah Candi Cetho. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 2(1), 6-11.

Satriawan, A., & Apriyani, M. E. (2016). Analisis Dan Pembuatan Rigging Karakter 3D pada Animasi 3D “Jangan Bohong Dong”. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).

Wildy, U. A. (2018). Animating Karakter pada Film Animasi 3D Perjalanan Rempah-Rempah.

Pamungkas, S. M., Putri, A. R., Pratama, I. A., Nahdiyah, N., Wulandari, C., Fadila, J. N., & Nugroho, F. (2021). Pembuatan Simulasi Perang Zaman Pertengahan dengan Metode Pose To Pose Menggunakan Software Blender. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 6(1), 1-8.

[16] Sanjaya, I. M. A., Lumenta, A. S., & Sugiarso, B. A. (2016). Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus: Polres Bolaang Mongondow). Jurnal Teknik Informatika, 9(1).

Oetomo, D. C. (2016). Pembuatan Audio Film Animasi 3D Penyaliban Yesus. CALYPTRA, 4(2), 1- 6.

Downloads

Published

30-06-2023

Issue

Section

Articles