MEDIA PEMBELAJARAN JARINGAN KERJA CPM BERBASIS MULTIMEDIA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2637Abstract
Â
Pembelajaran Jaringan Kerja dengn metode CPM bagi sebagian mahasiswa dirasa sulit untuk dipahami terutama dalam menyusun jalur pada jaringan kerja yang berpengaruh pada perhitungan waktu ES (Earliest start time), LS (Latest start time) dan menentukan jalur kritis. Prestasi belajar mahasiswa sering diindikasikan dengan permasalahan belajar dalam memahami materi. Kegiatan belajar di dalam kelas dengan lisan, tulisan dan slide powerpoint dapat menyebabkan pembelajaran menjadi kurang meningkatkan minat belajar dan cenderung monoton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam belajar materi jaringan kerja dengan metode CPM yang dapat dilakukan diluar jam perkuliahan. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar dalam kegiatan belajar khususnya jaringan kerja dengan metode CPM.
Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Jaringan Kerja CPM. Pengumpulan data dalam metode ini menggunakan metode studi pustaka, metode wawancara, dan metode observasi. Aplikasi disusun sesuai dengan pengembangan sistem yang mencakup identifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test. Konsep pembelajaran dalam belajar mahasiswa bersifat mandiri.
Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media Pembelajaran Jaringan Kerja CPM. Aplikasi telah diuji coba menggunakan black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran Jaringan Kerja CPM
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Jaringan Kerja, Metode CPM, Riset OperasiReferences
] Hidayatullah, Priyanto. dkk. 2008, Making Educational Animation Using Flash, Informatika, Bandung
MACOMS, Madiun. 2008, Adobe Flash CS3 Profesional, Andi, Yogyakarta
MACOMS, Madiun. 2008, Pasri Bisa Belajar Sendiri Adobe Flash Pro 5, Andi, Yogyakarta
Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta
Pujiyanta, Ardi, Ir. MT., 2011, Riset Operasi, Ardana Media, Yogyakarta
Ramadhan, Arif. 2004, 36 Jam Belajar Komputer Visual Basic 6.0, PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta
Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatakn Keunggulan Bersaing, Andi, Yogyakarta
Taha.Hamdy.A., 1997, Riset Operasi Jilid 2, Binarupa Aksara, Jakarta
Handayaningsih, Sri, S. T., 2009, Diktat Riset Operasi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Sulistyorini, Farida, S. T. dan Winiarti, Sri, S.T, 2009, Diktat Interaksi Manusia Dan Komputer, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Dewi Uji Septi Wulan, 2010, Aplikasin Bantu Pembelajaran Penyelesaian Sistem Persamaan Metode Gauss Jordan dan atuaran Cermer pada Mata Kuliah Aljabar Linier Dan Matriks, Skripsi-S1, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Dhimas Bagus Eko Putranto, 2010, Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Logika Algoritma Berbasis Multimedia, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
http://cs.upi.edu/v2/uploads/paper_skripsi_dik/Paper_ahmad_wisnu.pdf diunduh 26 Maret 2011
http://gifalytwinsa.wordpress.com/2010/01/07/model-pembelajaran-cai-dan-penerapannya-di-sd diunduh 27 Maret 2011
http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/18/konsep-belajar-dan-pembelajaran/ diunduh 25 Maret 2011
http://ginigitu.wordpress.com/2009/04/21/multimedia-sebagai-media-pembelajaran-interaktif/#comments diunduh 27 Maret 2011
http://wikipedia//audacity/Audacity.htm diunduh 2 Oktober 2011
http://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Photoshop diunduh 2 Oktober 2011
http://luarsekolah.blogspot.com diunduh 26 Maret 2011
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=jurnal+multimedia+membaca+sekaligus+mendengarkan&source=web&cd=1&ved= CBkQFjAA&url=http%3A%2F%2Fpuslit.petra.ac.id%2Fjournals%2Fpdf.php%3FPublishedID%3DDKV04060206&ei=rg7rTsHsB4btrAfRg9n2CA&usg=AFQjCNEj5rBt3J7vr5qBIt580ByECDX-kg&cad=rja Diunduh 16 Desember 2011
http://www.hendryrisjawan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=125:pembelajaran-yang-menyenangkan&catid=65:training&Itemid=91. Diunduh 24 maret 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.