MEDIA PEMBELAJARAN ALGORITMA GARIS DAN LINGKARAN BERBASIS MULTIMEDIA

Authors

  • Meca Agustama Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
  • Sri Handayaningsih Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2632

Abstract

Pembelajaran Grafika Komputer materi Algoritma Garis dan Lingkaran bagi sebagian mahasiswa dirasa sulit untuk dipahami terutama dalam menyelesaikan permasalahan perhitungan pada Algoritma Garis dan Lingkaran. Prestasi belajar mahasiswa sering diindikasikan dengan permasalahan belajar dalam memahami materi. Kegiatan belajar di dalam kelas dengan lisan, tulisan bahkan slide powerpoint dapat menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan cenderung membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam kegiatan perkuliahan grafika komputer. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan mahasiswa dapat lebih aktif dalam kegiatan belajar khususnya mengenai materi Algoritma Garis dan Lingkaran.

Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Algoritma Garis dan Lingkaran yang sesuai dengan SAP mata kuliah Grafika Komputer. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan mengidentifikasikan permasalahan, pengumpulan data melalui Studi literatur, kuisioner dan wawancara. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup analisis user, analisis kebutuhan user, analisis kebutuhan sistem, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, dan pengujian sistem.

Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media Pembelajaran Algoritma Garis dan Lingkaran. Aplikasi telah diuji coba  menggunakan black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran Algoritma Garis dan Lingkaran.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Algoritma Garis dan Lingkaran, Grafika Komputer.

References

Pujiyanta, Ardi, Ir. MT., 2011, Grafika Komputer, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Bunafit Nugroho dan Mahar Fauji, 2008, Aneka Kreasi Animasi dengan Adobe Flash 8, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Ika Arfiani, 2010, Implementasi Multimedia sebagai alat Bantu pembelajaran Materi Geometri Pencitraan Pada Mata Kuliah Computer Vision, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Rohimah, 2010, Alat Bantu Ajar Mata Kuliah Aljabar Linear dan Matriks Pada Pokok Bahasan Determinan dan Infers Matriks, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatakn Keunggulan Bersaing, Andi, Yogyakarta

Sulistyorini, Farida, S. T. dan Winiarti, Sri, S.T, 2009, Diktat Interaksi Manusia Dan Komputer, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Sutopo, Aries Hadi. Pengantar grafika komputer. Gava Media, Yogyakarta. 2002

http://Blog.UIN-Malang.ac.id/ivageje/category/grafkom/ diunduh tanggal 23 November, 2011.

http://www.scribd.com/doc/71518306/Revolusi-Pembelajaran-Berbasis-ICT, diunduh 27 November 2011.

http://usmanrizal.blogspot.com/2008/10/quantum-learning.html, Dr. Vernon A. Magnesen. 1983. Tentang Teknik Belajar. 27 November 2011

http://khaeridho.blogspot.com/2012/04/teknologi-informasi-multimedia-tugas-1.html, diunduh 2 Agustus 2012

Downloads

Published

01-02-2014

Issue

Section

Articles