MEDIA PEMBELAJARAN PERHITUNGAN DETERMINAN REDUKSI MINOR EKSPANSI KOFAKTOR DAN ADJOIN
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2629Abstract
Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu unsur konkrit yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sejalan dengan itu, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah masalah prestasi belajar. Berdasarkan data nilai kuis Aljabar Linear Tiruan 2012.Berdasarkan hasil kuis dan kuesioner yang telah dilakukan,nilai mahasiswa yang mengikuti kuis yang nilainya lebih kecil dari 60 ada 33% dan dari hasil kuesioner didapatkan bahwa mahasiswa membutuhkan perangkat lunak ada 100%,dari data kuis dan kuesioner mahasiswa mengalami kesulitan didalam hal perhitungan.Penelitian ini bertujuan untuk membantu kegiatan perkuliahan Aljabar Linear. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan minat belajar dan motivasi dalam kegiatan belajar khususnya mengenai materi Perhitungan Determinan Reduksi Minor Ekspansi Kofaktor dan Adjoin.
Metode penelitian ini dilaksanakan dengan mengidentifikasi permasalahan, pengumpulan data melalui metode literature, interview dan kuesioner. Metode literatur dilakukan dengan studi pustaka yaitu membaca dan membandingkan buku dan artikel yang terkait. Wawancara dilakukan kepada dosen pengampu mata kuliah Aljabar Linear. Penyebaran kuesioner terkait tentang perhitungan materi Perhitungan Determinan Reduksi Minor Ekspansi Kofaktor dan Adjoin. Data yang terkumpul digunakan untuk menganalisis user, kebutuhan user, kebutuhan sistem. Hasil analisis digunakan untuk membuat aplikasi pembelajaran Aljabar Linear untuk metode Media Pembelajaran Perhitungan Determinan Reduksi Minor Ekspansi Kofaktor dan Adjoin multimedia dengan menggunakan software adobe flash CS3.
Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media Pembelajaran Aljabar Linear untuk metode Perhitungan Determinan Reduksi Minor Ekspansi Kofaktor dan Adjoin. Aplikasi telah diuji coba menggunakan black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran Aljabar Linear untuk metode Perhitungan Determinan Reduksi Minor Ekspansi Kofaktor dan Adjoin.
Â
Kata Kunci : Aljabar Linear, Determinan, Media Pembelajaran,
References
Daryanto, Tri, 2005, Sistem Multimedia Dan Aplikasinya, Graha ilmu, Yogyakarta
Depdiknas.2003.Media Pembelajaran. Jakarta:Depdiknas.
Jeprie, Mohammad, 2006, Student Guide Series : Macromedia Flash MX 2004, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Kadir,2004, Efektifitas Strategi Peta Konsep Dalam Pembelajaran Sains dan Matematika, http://www.depdiknas.go.id/jurnal/petakonsep.pdf, 23 November 2011
Minarti, Yutmini S., dan Suwalni. Pengaruh Media Transvisi dan Atribusi Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Teknodika 2 (3) : 64 – 88 2004.
Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta
Pujiyanta, Ardi, Ir. MT., 2011, Pengantar Aljabar Linear Ardana Media, Yogyakarta.
Purwayuni, EtyDyah Impun Tri, 2007, Nilai Eigen dan Vektor Eigen Serta Aplikasinya Dalam Masalah Permukaan Kuadratik, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Rohimah, 2010, Alat Bantu Ajar Mata Kuliah Aljabar Linear dan Matriks Pada Pokok Bahasan Determinan dan Infers Matriks, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Sulistyorini, Farida, S.T. dan Winiarti, Sri, S.T. 2009. “Diktat Interaksi Manusia Komputerâ€. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta
Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatakn Keunggulan Bersaing, Andi, Yogyakarta
http://nuralif.staff.umm.ac.id/files/2010/06/Aljab7.doc diunduh 22 November 2011
http://blog.uin-malang.ac.id/rismalil/files/2010/12/ALIN-NilaiVektoEigen.pdf diunduh 12 Oktober 2011
http://www.scribd.com/doc/71518306/Revolusi-Pembelajaran-Berbasis-ICT, diunduh 27 November 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.