MEDIA PEMBELAJARAN GOAL PROGRAMMING BERBASIS MULTIMEDIA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2627Abstract
Goal Programming merupakan modifikasi atau variasi khusus dari linier programming yang memiliki banyak tujuan. Dari hasil koesioner yang disebarkan terdapat 65% dari 30 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Riset Operasi khususnya materi Goal Programming tidak paham materi perkuliahan, terutama dalam menyelesaikan persamaan-persamaan studi kasus goal programming. Dari hasil nilai tugas terdapat 55% dari 80 mahasiswa mendapatkan nilai kurang baik yaitu di bawah 60 pada materi goal programming. Goal programming dapat diselesaikan dengan metode grafik dan metode simpleks. Metode simpleks pada goal programming sedikit berbeda dengan metode simpleks pada linier programming. yaitu terdapat perhitungan fungsi tujuan untuk setiap prioritas. Sehingga materi goal programming perlu dipelajari dan dibuat semenarik mungkin sehingga merangsang mahasiswa untuk melakukan penjelajahan informasi sesuai kemampuannya dan melakukan proses belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami materi goal programming dan penyelesaian studi kasus pada model goal programming.
Metode penelitian ini dilaksanakan dengan mengidentifikasi permasalahan, pengumpulan data melalui metode literature, interview dan kuesioner. Metode literatur dilakukan dengan studi pustaka yaitu membaca dan membandingkan buku dan artikel yang terkait. Wawancara dilakukan kepada dosen pengampu mata kuliah Riset Operasi. Penyebaran kuesioner terkait tentang materi Goal Programming. Data yang terkumpul digunakan untuk menganalisis user, kebutuhan user, dan kebutuhan sistem. Hasil analisis digunakan untuk perancangan konsep, perancangan user interface, perancangan proses, dan perancangan isi dalam membuat aplikasi pembelajaran Goal Programming berbasis multimedia dengan menggunakan software adobe flash CS3. Pengujian sistem dilakukan dengan dua metode yaitu black bock test dan alfha test.
Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media Pembelajaran Goal Programming. Aplikasi telah diuji coba menggunakan black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu kesulitan mahasiswa dalam penyelesaian goal programming dan dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran Riset Operasi untuk materi Goal Programming.
Kata Kunci : Goal Programming, Media Pembelajaran, Riset OperasiReferences
Imam, Kamarul. 2003. “Goal Programmingâ€. http://www.google.co.id/courses/SCM02/document/GOAL_PROGRAMMING_dengan_MANUAL_SIMPLEX.pdf?Cid Req=SCM02 diunduh tanggal 17 Juni 2011.
Kurniawan, Y. 2006. “Belajar Sendiri: Macromedia Flash 8â€. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
MACOMS, Madiun. 2008, Adobe Flash CS3 Profesional, Andi, Yogyakarta.
Mulyono, Sri. 1991. “Operations Researchâ€. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.
Munadziroh, Lutfita. 2008. “Metode Non-Archimedean Goal Programming untuk menyelesaikan Multiobjektif Linier Programmingâ€. Brawijaya. Malang.
Nanang Tri, Sulistyawan. 2008. “Alat bantu Riset Operasi pada Materi metode penugasan berbasis multimediaâ€. Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.
Nasendi dan Anwar, Affendi. 1985. “Program Linear dan Variasinyaâ€. PT. Gramedia. Jakarta.
Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006. â€Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajarâ€. Bumi Aksara. Jakarta.
Purwani, Annie. 2002. “Diktat Kuliah Operasional Riset Iâ€. Teknik Informatika UAD. Yogyakarta
Rahmat, Hakim. S. 2006. “Tips dan Triks Adobe Photoshop CS2â€. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Ramadhan, Arif. 2004, 36 Jam Belajar Komputer Visual Basic 6.0, PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.
Santosa, P. Insap. 1997. “Interaksi Manusia Dan Komputer Teori dan Praktekâ€. Andi. Yogyakarta.
Sulistyorini, Farida, S.T. dan Winiarti, Sri, S.T. 2009. “Diktat Interaksi Manusia Komputerâ€. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.
Suyanto, M. 2003. “Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaingâ€. Andi. Yogyakarta.
Taha, Hamdy A. 1996. “Operations Research: An Introduction Seventh Editionâ€. Pearson Education International. Arkansas.
Tay, Vaughan. 2006. “Multimedia Making It Work Edisi 6â€. Andi. Yogyakarta.
Taylor III, Bernard W. 2008. “Sains Manajemen Edisi Ketigaâ€. Salemba Empat. Prentice Hall Inc.
http://dc368.4shared.com/doc/N4rLkyR6/preview.html diunduh 27 Maret 2011.
http://cs.upi.edu/v2/uploads/paper_skripsi_dik/Paper_ahmad_wisnu.pdf diunduh 27 Maret 2011.
http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/18/konsep-belajar-dan-pembelajaran/ diunduh 24 maret 2011
http://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Photoshop diunduh 2 Oktober 2011
http://gifalytwinsa.wordpress.com/2010/01/07/model-pembelajaran-cai-dan-penerapannya-di-sd diunduh 27 Maret 2011
www.learningmath.co.nr diunduh pada tanggal 14 Juni 2011
http://wikipedia//audacity/Audacity.htm diunduh 2 oktober 2011
http://usuryana.wordpress.com/page/3/ diunduh 25 desember 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.