MULTIMEDIA PEMBELAJARAN LOGIKA INFORMATIKA PADA MATERI POKOK TABEL KEBENARAN
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2626Abstract
Logika Informatika merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa sebagai syarat untuk mendapatkan gelar S-1 pada program studi Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Kemampuan mahasiswa yang berbeda-beda dalam memahami sebuah materi yang disampaikan serta besarnya presentase ketidaklulusan mahasiswa pada mata kuliah Logika Informatika menjadi dasar pembangunan aplikasi multimedia pembelajaran Tabel Kebenaran ini. Seperti yang di ketahui materi Tabel Kebenaran merupakan dasar materi dari mata perkuliahan Logika Informatika dan diharapkan dengan adanya multimedia pembelajaran Tabel Kebenaran dengan metode latihan atau workshop dapat mempermudah mahasiswa mempelajari materi Tabel Kebenaran serta dengan pembelajaran multimedia yang interaktif dapat membantu dosen pengampu menyampaikan materi Tabel kebenaran.
Penelitian ini dibangun dengan sistem perancangan yang terstruktur. Pertama-tama adalah mendifinisikan permasalahan dengan metode observasi, wawancara serta studi pustaka. Selanjutnya dilakukan studi kelayakan proyek multimedia pembelajaran Tabel Kebenaran bahwa proyek ini layak untuk dilanjutkan, setelah itu melakukan analisis kebutuhan penelitian sebelum merancang konsep-konsep dan isi yang sesuai dengan Satuan Acara Pengajaran (SAP) agar tepat sasaran. Pada perancangan storyboard pada naskah dirancang alur cerita secara berurutan dan pada perancangan grafik dibuat dengan tujuan aplikasi yang dibangun lebih user friendly.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya maka dapat ditarik kesimpulan yakni telah dibuat aplikasi multimedia pembelajaran yang interaktif sebagai sarana belajar dan mengajar materi Tabel Kebenaran pada mata kuliah Logika Informatika dengan tujuan dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari Tabel Kebenaran. Serta telah dilakukan uji coba pada aplikasi multimedia pembelajaran Tabel Kebenaran yang menunjukan bahwa aplikasi yang telah dibuat dapat berjalan dengan baik dan dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran Tabel Kebenaran.
Â
Kata Kunci : Tabel Kebenaran, Logika Informatika, Multimedia, Pembelajaran.References
Darjat, 2009, Panduan Belajar Flash untuk Pemula , Penerbit MediaKom, Yogykarta
Dix, Alan, 2004, Human Computer Interaction, Third Edition, Prentice Hall
Eko Putranto, Dhimas Bagus, 2007, Pembelajaran Logika Matematika Pada Pokok Bahasan Logika Algoritma Berbasis Multimedia, Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Jubilee Enterprise, 2007, Flash CS3, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta
Suyanto, M, 2003, MULTIMEDIA Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, ANDI OFFSET, Yogyakarta
Soyusiawaty, Dewi, 2006, Diktat Kuliah Logika Matematika, Penerbit Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
http://ctat.pact.cs.cmu.edu/index.php? id=truthtable, Tanggal Akses: 5 Mei 2011
http://www.brian-borowski.com/Software/Truth/, Tanggal Akses: 5 Mei 2011
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_pendidikan, Tanggal Akses: 28 Desember 2011
http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran, Tanggal Akses: 28 Desember 2011
http://forum.upi.edu/v3/index.php?topic=15696.0, Tanggal Akses: 28 Desember 2011
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/07/16/media-pembelajaran-berbasis-komputer/, Tanggal Akses: 28 Desember 2011
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia, Tanggal Akses: 28 Desember 2011
http://images.livinadream.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/SfBjawoKCtgAAByTNB81/MENDISAIN%20MULTIMEDIA%20INTERAKTIF.docx?key=livinadream:journal:413&nmid=234503135, Tanggal Akses: 28 Desember 2011
http://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Flash, Tanggal Akses: 28 Desember 2011
http://www.tokotop.com/tutorial_corel_draw_12_lengkap.htm, Tanggal Akses: 28 Desember 2011
http://edipsw.files.wordpress.com/2007/08/sekilas-tentang-photoshop.pdf, Tanggal Akses: 28 Desember 2011
http://pekooxs.com/cool-edit-pro/, Tanggal Akses: 28 Desember 2011
http://sinauflash.blogspot.com/, Tanggal Akses: 27 April 2011
http://warungflash.com/ , Tanggal Akses: 4 Mei 2011
http://the-dude.co.uk/, Tanggal Akses: 10 November 2011
http://www.actionscript.org/forums/forumdisplay.php3?f=35, Tanggal Akses: 10 November 2011
http://www.m-edukasi.web.id/2011/10/tips-merekam-suara-dengan-cool-edit-pro.html, Tanggal Akses 19 Oktober 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.