APLIKASI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN TIK UNTUK SISWA SMP MATERI PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN BAHASA PASCAL

Authors

  • Irkam Sudaryanta Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
  • Tedy Setiadi Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2623

Abstract

Teknologi multimedia memberi kesan yang besar dalam bidang media pembelajaran karena bisa mengintegrasikan teks, grafik, animasi, audio dan video. Multimedia telah mengembangkan proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih dinamik. Tujuan dari teknologi multimedia mampu menghasilkan sebuah media pembelajaran dan menguji kelayakan perangkat lunak dalam penerapannya sebagai media pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi materi pemrograman .

Metodologi Waterfall (siklus air terjun) digunakan dalam perancangan aplikasi pengembangan sistem, yaitu bagaimana mengidentifikasi suatu permasalahan, pengumpulan data melalui wawancara, menganalisis kebutuhan sistem, merancang sistem, melakukan perancangan tampilan dengan Adobe Flash CS.3, mengimplementasi dan melakukan pengujian program.

Hasil dari pembuatan aplikasi ini adalah sebuah media pembelajaran Aplikasi Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran TIK Untuk Siswa SMP Materi Pemrograman Menggunakan Bahasa Pascal, aplikasi ini digunakan untuk masyarakat sekolah dengan tujuan melatih berfikir logika mulai ditanamkan sejak dini. Melalui black box test dan alpha test program telah berhasil diuji dan dinyatakan baik serta siap untuk digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perolehan prosentase sebesar 100% keberhasilan untuk black box test dan alpha test, prosentase 46% memberi pernyataan penilaian sangat setuju dan prosentase 54% memberi pernyataan setuju untuk keberhasilan program. Dari hasil penilaian terhadap sistem tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sistem layak dipergunakan.

Kata Kunci : Bahan Ajar, Pemrograman, Multimedia

References

Cormen, Thomas H. Introduction to Algorithms. The MIT Press, 1989.

Lemay, Laura, 1996. Desain Grafik dan Halaman Web Dinamis Menggunakan PHP. Andi Offset, Yogyakarta.

Levitin, Anany, Introduction to The Design and Analysis of Algorithms. Addison Wesley, 2003.

McLeod, RJ, 1995. Sistem Informasi Manajemen Jilid II. PT. Prehalindo, Jakarta.

M. Ngalim Purwanto. (1986). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : PT. Remadja Karya.

Munir, Rinaldi, 1999. Diktat Kuliah Pemrograman I. Program D3 Informatika Pos – ITB.

Skripsi Ika Mahardiyanti, Fakultas Teknik Industri Jurusan Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Skripsi Maghfiroh Tri Handayani, Fakultas Teknik Industri Jurusan Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Santoso, P, 1997. Interaksi Manusia dan Komputer Teori dan Praktek. Andi Offset, Yogyakarta.

Tavri D. Mahyusir, 1989. Analisa Perancangan Sistem Pengolahan Data. PT. Elex Media Komputindo.

--, 1992. Psikologi Pendidikan. UPT-IKIP, Yogyakarta.

Downloads

Published

01-02-2014

Issue

Section

Articles