APLIKASI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN TIK UNTUK SISWA SMP MATERI PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN BAHASA PASCAL
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2623Abstract
Teknologi multimedia memberi kesan yang besar dalam bidang media pembelajaran karena bisa mengintegrasikan teks, grafik, animasi, audio dan video. Multimedia telah mengembangkan proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih dinamik. Tujuan dari teknologi multimedia mampu menghasilkan sebuah media pembelajaran dan menguji kelayakan perangkat lunak dalam penerapannya sebagai media pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi materi pemrograman .
Metodologi Waterfall (siklus air terjun) digunakan dalam perancangan aplikasi pengembangan sistem, yaitu bagaimana mengidentifikasi suatu permasalahan, pengumpulan data melalui wawancara, menganalisis kebutuhan sistem, merancang sistem, melakukan perancangan tampilan dengan Adobe Flash CS.3, mengimplementasi dan melakukan pengujian program.
Hasil dari pembuatan aplikasi ini adalah sebuah media pembelajaran Aplikasi Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran TIK Untuk Siswa SMP Materi Pemrograman Menggunakan Bahasa Pascal, aplikasi ini digunakan untuk masyarakat sekolah dengan tujuan melatih berfikir logika mulai ditanamkan sejak dini. Melalui black box test dan alpha test program telah berhasil diuji dan dinyatakan baik serta siap untuk digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perolehan prosentase sebesar 100% keberhasilan untuk black box test dan alpha test, prosentase 46% memberi pernyataan penilaian sangat setuju dan prosentase 54% memberi pernyataan setuju untuk keberhasilan program. Dari hasil penilaian terhadap sistem tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sistem layak dipergunakan.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Pemrograman, Multimedia
References
Cormen, Thomas H. Introduction to Algorithms. The MIT Press, 1989.
Lemay, Laura, 1996. Desain Grafik dan Halaman Web Dinamis Menggunakan PHP. Andi Offset, Yogyakarta.
Levitin, Anany, Introduction to The Design and Analysis of Algorithms. Addison Wesley, 2003.
McLeod, RJ, 1995. Sistem Informasi Manajemen Jilid II. PT. Prehalindo, Jakarta.
M. Ngalim Purwanto. (1986). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : PT. Remadja Karya.
Munir, Rinaldi, 1999. Diktat Kuliah Pemrograman I. Program D3 Informatika Pos – ITB.
Skripsi Ika Mahardiyanti, Fakultas Teknik Industri Jurusan Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Skripsi Maghfiroh Tri Handayani, Fakultas Teknik Industri Jurusan Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Santoso, P, 1997. Interaksi Manusia dan Komputer Teori dan Praktek. Andi Offset, Yogyakarta.
Tavri D. Mahyusir, 1989. Analisa Perancangan Sistem Pengolahan Data. PT. Elex Media Komputindo.
--, 1992. Psikologi Pendidikan. UPT-IKIP, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.