ALAT BANTU AJAR MATA KULIAH FUZZY LOGIC PADA POKOK BAHASAN METODE SUGENO BERBASIS MULTIMEDIA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2615Abstract
Metode Sugeno merupakan salah satu metode dari logika samar, Output (konsekuen) pada penalaran berupa konstanta atau persamaan linear. Dari hasil nilai mid semester pada mata kuliah Fuzzy Logic terdapat 58% dari 79 mahasiswa mendapatkan nilai kurang baik yaitu < 60 pada mata kuliah Fuzzy Logic. Dari hasil koesioner yang disebarkan terdapat 86% dari 30 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Fuzzy Logic khususnya materi metode sugeno tidak paham materi perkuliahan , sehingga metode sugeno perlu dipelajari dan dibuat semenarik mungkin sehingga merangsang mahasiswa untuk melakukan penjelajahan informasi sesuai kemampuannya dan melakukan proses belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami materi metode sugeno dan penyelesaian studi kasus pada model metode sugeno.
Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Fuzzy Logic untuk materi metode sugeno. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, metode wawancara, metode observasi dan metode kuesioner. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup mendefinisikan masalah, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, uji sistem dengan black box dan alpha test.
Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media Pembelajaran metode sugeno. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu kesulitan mahasiswa dalam penyelesaian metode sugeno dan dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran Fuzzy Logic untuk materi metode sugeno.
Kata Kunci : Metode Sugeno, Media Pembelajaran, Fuzzy Logic
References
Eko Putranto, Dhimas Bagus, 2007, Pembelajaran Logika Matematika Pada Pokok Bahasan Logika Algoritma Berbasis Multimedia, Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Fanani A. Zainul & Diginnovac, 2007, Bermain Logika Actionscript Macromedia Flas pro 8, penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.
Jamaludin Malik Jaja, 2010, mudah belajar membuat aplikasi pembrograman Delphi 2010, Penerbit ANDI, Yogyakarta
Kurniawan, Y. 2006. Belajar Sendiri: Macromedia Flash 8. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Kusumadewi sri & Purnomo, 2010, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan Edisi 2, GRAHA ILMU, Yogyakarta.
MACOMS, Madiun. 2008, Adobe Flash CS3 Profesional, Andi, Yogyakarta.
Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006.Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengaja. Bumi Aksara. Jakarta.
Pujianta ardi, 2010, Teori Dan Aplikasi Fuzzy Logic, Penerbit & Percetakan Ardana Media, Yogyakarta.
Rahmat, Hakim. S. 2006. Tips dan Triks Adobe Photoshop CS. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Santosa, P. Insap. 1997.Interaksi Manusia Dan Komputer Teori dan Praktek. Andi. Yogyakarta.
Sulistyorini, Farida, S.T. dan Winiarti, Sri, S.T. 2009.Diktat Interaksi Manusia Komputer. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.
Suyanto, M. 2003.Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Andi. Yogyakarta.
Syafrudin, Buddin . 2011. media pembelajaran Fuzzy Logic untuk metode tzukamoto berbasis multimedia. Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta
Tay, Vaughan. 2006. Multimedia Making It Work Edisi 6. Andi. Yogyakarta.
Uji dewi, Septi. 2010. aplikasi bantu pembelajaran penyelesaian sistem persamaan linear mengunakan metode gauss, gauss jordan dan aturan cramer pada matakuliah aljabar linear dan matriks, penelitian membuat sistem pembelajaran mata kuliah aljabar linear dan matriks berbasis multimmedia.. Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.
http://dc368.4shared.com/doc/N4rLkyR6/preview.html diunduh 27 Maret 2011.
http://cs.upi.edu/v2/uploads/paper_skripsi_dik/Paper_ahmad_wisnu.pdf diunduh 27 Maret 2011.
http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/18/konsep-belajar-dan-pembelajaran/ diunduh 24 maret 2011
http://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Photoshop diunduh 2 Oktober 2011
http://gifalytwinsa.wordpress.com/2010/01/07/model-pembelajaran-cai-dan-penerapannya-di-sd diunduh 27 Maret 2011
www.learningmath.co.nr diunduh pada tanggal 14 Juni 2011
http://wikipedia//audacity/Audacity.htm diunduh 2 oktober 2011
http://usuryana.wordpress.com/page/3/ diunduh 25 desember 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.