MEDIA PEMBELAJARAN TEORI BAHASA DAN OTOMATA POKOK BAHASAN FINITE AUTOMATA (FA) BERBASIS MULTIMEDIA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2611Abstract
Pembelajaran teori bahasa otomata pokok bahasan finite automata bagi sebagian mahasiswa dirasa sulit untuk dipahami terutama dalam menentukan string yang diterima atau ditolak dan membuat FA sesuai bahasa yang diberikan. Prestasi belajar mahasiswa sering diindikasikan dengan permasalahan belajar dalam memahami materi. Kegiatan belajar di dalam kelas dengan lisan, tulisan dan slide powerpoint dapat menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan cenderung membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu kegiatan perkuliahan teori bahasa otomata. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar dalam kegiatan belajar khususnya finite automata.
Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Teori Bahasa Otomata pokok bahasan Finite Automata. Pengumpulan data dalam metode ini menggunakan metode studi pustaka, metode wawancara, dan metode observasi. Aplikasi disusun sesuai dengan pengembangan sistem yang mencakup identifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test. Konsep pembelajaran dalam belajar mahasiswa bersifat pendampingan dosen dan arahan materi dari dosen di dalam kelas.
Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media Pembelajaran Teori Bahasa Otomata pokok bahasan Finite Automata. Aplikasi telah diuji coba menggunakan black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran teori bahasa otomata pokok bahasan finite automata.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Teori Bahasa Otomata, Finite Automata, MultimediReferences
Dewi Uji Septi Wulan, 2010, Aplikasin Bantu Pembelajaran Penyelesaian Sistem Persamaan Metode Gauss Jordan dan atuaran Cermer pada Mata Kuliah Aljabar Linier Dan Matriks, Skripsi-S1, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Djamarah, S.B., dan Zain, Aswan., 1995, “Strategi belajar mengajarâ€, Rineka Cipta, Jakarta
Dhimas Bagus Eko Putranto, 2010, Pembelajaran Logika Matematika Pada Pokok Bahasan Logika Algoritma Berbasis Multimedia, Skripsi-1, UAD, Yogyakarta
Hariyanto, Bambang, Ir., MT., 2004, “Teori Bahasa, Otomata, dan Komputasi serta terapannyaâ€, Informatika, Bandung
Jeprie, Mohammad, 2006, â€Student Guide Series: Macromedia Flash Mx 2004â€, Elex Media Komputindo, Jakarta
Setiadi, Tedy, 2005, “Diktat Teori Bahasa dan Otomataâ€, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, http://tbouad.wordpress.com/, diunduh 25 Maret 2011
Sulistyorini, Farida, S. T. dan Winiarti, Sri, S.T, 2009, Diktat Interaksi Manusia Dan Komputer, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Surjono, Herman Dwi, 1995, Pengembangan Computer Assited Instruction (CAI) Untuk Pembelajaran Elektronika [Versi Elektronik], Jurnal Kependidikan, No.2 (XXV): 95-106
Susyanto M, 2003, “Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaingâ€, Andi, Yogyakarta
Utdirartatmo, Firrar, 2001, “Teori Bahasa dan Otomataâ€, J&J Learning, Yogyakarta
http://bima.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/.../TeoriBahasaAutomata.pdf, diunduh 27 Maret 2011
http://carapedia. com/pengertian-definisi-belajar-menurut-para-ahli info499.html, di unduh 24 Maret 2011
http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/18/konsep-belajar-dan-pembelajaran/, diunduh 24 Maret 2011
http://overfame.com/2011/09/definisi-mengajar-24386/, diunduh 24 Maret 2011
http://overfame.com/2011/09/definisi-mengajar-24386/, diunduh 24 Maret 2011
http://pinggiralas.blogspot.com/2010/06/pengertian-belajar.html, diunduh 24 Maret 2011
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/24257/4/Chapter%20II.pdf, diunduh 25 Maret 2011
http://scribd.com/doc/51710877/8/Media-Pembelajaran diunduh 28 Maret 2001
http://cs.upi.sdu/v2/uploads/paper_skripsi_dik/Paper_ahmad_wisnu.pdf, diunduh 27 Maret
http://gifalytwinsa.wordpress.com/2010/01/07/model-pembelajaran-cai-dan-penerapannya-di-sd, diunduh 27 Maret 2011
http://www.cs.duke.edu/csed/jflap/, diunduh 24 Desember 2011
http://staff.uny.ac.id/.../ali-muhson-membuat-kuis-interaktif-dengan-quizmaker, diunduh 25 April 2011
SAP Teori Bahasa dan Automata n@ning.go.blog di unduh 25 Maret 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.