PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PENGUKURAN WAKTU, PANJANG DAN BERAT UNTUK SEKOLAH DASAR (SD) KELAS 2

Authors

  • Harry Prima Putra Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
  • Wahyu Pujiyono Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2610

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang tergolong sulit, hal ini disebabkan karna karakterisitik materi matematika yang bersifat abstrak, logis, sistematis, penuh dengan lambang-lambang dan rumus yang membingungkan. Selain itu pengalaman belajar matematika bersama guru yang tidak menyenangkan atau guru yang membingungkan, turut membentuk sikap negatif siswa terhadap pelajaran matematika.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mencipatkan aplikasi pembelajaran matematika berbasis multimedia yang mampu meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika, mempermudah siswa dalam memahami materi matematika dan mempermudah guru dalam penyampaian materi-materi yang bersifat abstrak, logis, sistematis, penuh dengan lambang-lambang dan rumus yang membingungkan.

Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran matematika tentang pengukuran waktu, panjang dan berat untuk Sekolah Dasar kelas 2 yang sesuai dengan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika. Dibangun menggunakan perangkat lunak Macromedia Flash, langkah pembangunan aplikasi diawali dengan pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara, kemudian menganalisis kebutuhan sistem, perancangan antar muka, pengkodean dan pengujian sistem dengan black box dan alfa test.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan aplikasi pembelajaran matematika tentang pengukuran waktu, panjang dan berat untuk Sekolah Dasar kelas 2 yang dapat dijadikan sebagai media pendukung pembelajaran bagi guru maupun siswa Sekolah Dasar kelas 2.

Kata Kunci: multimedia, matematika, waktu, panjang, berat, sd kelas 2

References

Aryan, Bambang Soekisno, R. Membangun Keterampilan Komunikasi Matematika, Paper.

http://blogs.itb.ac.id/djadja/2012/02/27/permainan-game-dalam-pembelajaran-suatu-dosa-atau-usaha-yang-tidak-memaksa/, 20 September 2012, Permainan (Game) Dalam Pembelajaran: Suatu Dosa atau Usaha Yang Tidak Memaksa?

http://tirman.wordpress.com/media-pembelajaran/, 18 September 2012, Media Pembelajaran.

Saroso , Siswo, Spd. Upaya pengembangan pendidikan melalui Pembelajaran berbasis multimedia, Paper.

Widowati, Asri, Inovasi Dalam Cai: Creative Thinking Melalui Software Mind Mapping, Paper.

Downloads

Published

01-02-2014

Issue

Section

Articles