Penerapan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Pengelolaan Tempat Ibadah

Authors

  • Murdifin Ifin Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Murein Mardhia Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v12i3.26028

Keywords:

Design Thinking, Prototipe , Tempat Ibadah , UEQ , Usabilitas

Abstract

Desa Renda terletak di Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, dan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mayoritas penduduk beragama Islam. Pembangunan masjid, mushola, dan langgar banyak dilakukan seiring jumlah masyarakat beragama Islam membutuhkan akses terhadap tempat ibadah. Salah satu dari pengelola tempat ibadah menyampaikan proses pengelolaan kurang efektif seperti manajemen keuangan dan penyampaian informasi keuangan kepada masyarakat secara periodik. Penelitian ini akan menerapkan metode design thinking untuk menghasilkan prototipe pengelolaan data tempat ibadah yang beroritentasi terhadap pengguna. Langkah penelitian meliputi proses empati, pendefinisian kebutuhan, penetapan ide inovasi, pembuatan prototipe, dan pengujian kelayakan. Hasil penelitian ini berupa prototipe pengelolaan data tempat ibadah yang memiliki impresi usabilitas secara positif. Penilaian akhir melalui user experience questionnaire (UEQ) menggunakan skala benchmark mencapai skala daya tarik 2,38, kejelasan 2,47, efisiensi 2,18, ketepatan 2,22, stimulasi 2,18, dan kebaruan 1,83.

References

[1] M. A. Harahap and S. Adeni, “Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi di Indonesia,” J. Komun. Adm. Publik, vol. 7, no. 2, pp. 13–23, 2020.

[2] D. Rochmah and S. Purwanto, “Analisis Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Smartphone Vivo di Sidoarjo),” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 22, no. 3, p. 1516, Oct. 2022, doi: 10.33087/jiubj.v22i3.2445.

[3] Q. A. Liulinuha, M. Z. N. Kamal, A. Nurlaeli, A. N. Ramadani, and D. A. Maulana, “Metode Design thinking Dalam Pengembangan UI/UX Aplikasi Hijrah Untuk Meningkatkan Kunjungan Masjid,” J. Informatics Interact. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 117–126, 2024.

[4] R. R. D. Putra and K. Haryono, “Pengembangan Desain Sistem Informasi Manajemen Jamaah Masjid Menggunakan Metode UCD (User Centered Design),” Indones. Res. J. Educ., vol. 4, no. 4, pp. 1518–1525, 2024.

[5] E. Habinuddin, W. Qodratulloh, I. Suhartini, and Z. Arsyad, “Pengembangan UI/UX Aplikasi Qayim Masjid untuk Pengelolaan Kegiatan Masjid Menggunakan Human-Centered Design,” J. Digit, vol. 12, no. 1, p. 01, May 2022, doi: 10.51920/jd.v12i1.211.

[6] M. L. Lazuardi and I. Sukoco, “Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek,” Organum J. Saintifik Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2019, doi: 10.35138/organum.v2i1.51.

[7] A. H. Fauzi and I. Sukoco, “Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa,” Organum J. Saintifik Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 37–45, 2019, doi: 10.35138/organum.v2i1.50.

[8] D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, Dec. 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.

[9] P. K. Sugiharto, S. H. Wijoyo, and M. C. Saputra, “Evaluasi User Experience Aplikasi ‘J-KOPI (Jember Kota Pintar)’ Menggunakan Metode Survei Dengan User Experience Questionnaire Dan User Interview,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 6, pp. 1389–1400, Dec. 2023, doi: 10.25126/jtiik.1067430.

[10] M. Rauschenberger, M. Schrepp, M. Perez-Cota, S. Olschner, and J. Thomaschewski, “Efficient Measurement of the User Experience of Interactive Products. How to use the User Experience Questionnaire (UEQ).Example: Spanish Language Version,” Int. J. Interact. Multimed. Artif. Intell., vol. 2, no. 1, p. 39, 2013, doi: 10.9781/ijimai.2013.215.

Downloads

Published

28-12-2024

Issue

Section

Articles