Systematic Literature Review Efektifitas Penggunaan Microsoft Teams Terhadap Hasil Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v11i1.25746Keywords:
Systematic Literature Review, Microsoft Teams, Efektifitas, Pembelajaran DaringAbstract
Selama kurun waktu 2 tahun terakhir COVID-19 telah mengubah kebiasaan manusia beradaptasi dengan kebiasaan baru yang lebih dikenal dengan istilah New Normal. Pemerintah mengamanatkan Pembatasan Sosial Berskala Besar agar seluruh guru bekerja dari rumah selama proses pembelajaran. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran daring adalah Microsoft Teams. Microsoft Teams memungkinkan guru dan siswa berinteraksi seperti bertatap muka. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kefektifan Microsoft Teams dalam pembelajaran daring, dengan menggunakan data dari jurnal terkait dari tahun 2017 hingga 2020, seberapa baik Studi literatur digunakan sebagai metode penelitian ini. Hasil review didapatkan 12 artikel menyatakan Microsoft Teams efektif dalam pembelajaran daring, sementara 1 artikel yang menyatakan biasa saja. Dengan persentase sebesar 92% dari keseluruhan artikel yang dilakukan review, maka mayoritas menyatakan Microsoft Teams efektif dalam pembelajaran daring. Kendala yang terdapat pada Microsoft Teams mayoritas adalah kendala dari luar Aplikasi Microsoft Teams seperti infrastuktur teknologi dan jaringannya masih kurang memadai.
References
M. Agung Wirza, J. Sejarah, F. Ilmu Sosial, and U. Negeri Padang, “Penggunaan Microsoft Teams dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bukittinggi,” 2021.
Silahuddin, “Penerapan E-LEARNING dalam Inovasi Pendidikan,” 2015.
E. Triandini et al., “Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia.” [Online]. Available: https://www.google.com
N. Hamid Sutanto, E. Utami, and D. Makassar, “Systematic Literature Review untuk Identifikasi Metode Evaluasi Website Layanan Pendidikan di Indonesia,” Jurnal IT CIDA, vol. 7, no. 1, 2021.
A. Damayanti and D. Mulyadi, “Pengaruh Penggunaan Microsoft Teams dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Bahasa Inggris Peminatan di SMA N 2 Semarang The Impact of Microsoft Teams in Participating Online English Learning of Specialization at SMA N 2 Semarang,” 2020. [Online]. Available: http://prosiding.unimus.ac.id
“NURLAILY FAUZIATUN_IMPLEMENTASI MICROSOFT TEAMS FOR EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO”.
H. E. Septiana, “Kebijakan Tentang Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi di SMA N 1 Purworejo. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES,” 2020.
Ika Tyasing Kusumawati, “Penerapan Remote Learning dalam Pembelajaran IPS di Masa Pandemi,” 2020.
J. Soni, “Pelibatan Peserta Didik melalui Metode Tajak Sare dalam Pembelajaran Daring,” Sosial dan Kebudayaan, vol. 7, 2020, doi: 10.32505/tarbawi.v8i2.2188.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.