PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PROSES KONVERSI PADA FINATE AUTOMATA BERBASIS MULTIMEDIA

Authors

  • Wantah Satria Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
  • Sri Handayaningsih Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2545

Abstract

Pembelajaran Teori Bahasa Automata pada materi Konversi Finite Automata bagi sebagian mahasiswa sangatlah susah dipahami. Berdasarkan data yang diperoleh dari 30 mahasiswa bahwa  jumlah presentase mahasiswa yang tidak memahami materi konversi pada FA lebih banyak dari pada mahasiswa yang paham akan materi konversi pada FA, jumlah mahasiswa yang membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran lebih banyak dari pada jumlah mahasiswa yang tidak membutuhkan,untuk itu perlunya dibangun aplikasi pembelajaran TBO khususnya pada materi konversi FA agar dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana belajar dan mempermudah dosen menyampaikan materi. Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Teori Bahasa Automata pada materi Konversi Pada Finite Automata. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, metode observasi,dan metode wawancara. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah yang diperoleh, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, design document, dan diagram navigasi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test. Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Teori Bahasa Automata pada materi Konversi Finite Automata bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan yang berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat  membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat  bantu dosen untuk menunjang pembelajaran Teori Bahasa Automata.

Kata Kunci: Teori Bahasa Automata, Konversi Finite Automata, Pembelajaran, Multimedia.

References

Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta

Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatakn Keunggulan Bersaing, Andi, Yogyakarta

Ali Tarmuji, Ali, S. T., 2009, Diktat Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta

http://tbouad.wordpress.com/2010/02/11/pertemuan-6-konversi-nfa-ke-dfa/ diunduh 27 maret 2011.

http://usmanrizal.blogspot.com/2008/10/quantum-learning.html, Dr. Vernon A. Magnesen, 1983, tentang teknik belajar. Diunduh 27 maret 2011

http://ginigitu.wordpress.com/2009/04/21/multimedia-sebagai-media-pembelajaran-interaktif/#comments, diunduh 27 maret 2011

Sulistyorini, Farida, S. T. dan winiarti, Sri, S.T, 2009, Diktat Interaksi Manusia Dan Komputer, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Febriyana tentang “Pengembangan Aplikasi Ejaan Bahasa Indonesia Dengan Konsep FSA (Finit State Automata)

Layuta, Buddin, Syafrudin, 2011, Media Pembelajaran Fuzzy Logic untuk Metode tzukamoto berbasis Multimedia, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Hidayatullah, Priyanto dan Akbar, Amarullah, M. dan Rahim Zaky, 2011, Animasi Pendidikan Menggunakan Flash, Informatika, Bandung.

Harianto, Bambang, Ir.,M.T,2004, Teori Bahasa Otomata dan Komputasi Serta Terapanya, Informatika, Bandung.

Utdirartatmo, Firrar, 2001, Teori Bahasa dan Otomata, J&J Learning, Yogyakarta.

Suyanto, M, 2004, Analisis dan Desain Apliksi Multimedia untuk Pemasaran, Andi, Yogyakarta

Downloads

Published

01-06-2013

Issue

Section

Articles