MEDIA PEMBELAJAR PROSES RENDERING OBJEK PADA MATA KULIAH GRAFIKA KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2533Abstract
Pembelajaran Grafika Komputer pada materi rendering objek bagi sebagian mahasiswa sangatlah sulit dipahami. Berdasarkan data yang diperoleh dari 20 mahasiswa yang sedang dan yang pernah mengambil mata kuliah grafika komputer, terlihat bahwa jumlah prosentase mahasiswa yang tidak memahami materi rendering objek lebih banyak dari pada mahasiswa yang paham akan materi rendering objek. Jumlah mahasiswa yang membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran lebih banyak dari pada jumlah mahasiswa yang tidak membutuhkan. Untuk itu perlu dibangun aplikasi pembelajaran grafika komputer khususnya pada materi rendering objek agar dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana belajar dan mempermudah dosen dalam menyampaikan materi.
Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran grafika komputer pada materi rendering objek. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, metode observasi, dan metode wawancara. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah yang diperoleh, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, design document dan diagram navigasi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test.
Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran grafika komputer pada materi rendering objek bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan yang berdasarkan hasil pengetesan tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat  membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran grafika komputer.
Kata Kunci : Grafika komputer, Rendering Objek, Pembelajaran, Multimedia.References
Handriyantini, Eva, 2010, Perbandingan algoritma Scanline, algoritma Ray-Casting dan algoritma Ray-Tracing terhadap akurasi pencahayaan pada piranti lunak 3Ds Max. Malang :skripsi S-1, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI).
Ardani, Herni. 2001. Rekayasa perangkat lunak objek 3D menggunakan VB. Yogyakarta: Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan.
Nasution, S. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Murinto. 2011, rendering objek 3D, yogyakarta, materi slideshow grafika lanjut, Universitas Ahmad Dahlan.
Foley, James D. 1996, Computer graphics: principles and practice The systems programming series, Addison-Wesley systems programming series. USA: Addison-Wesley.
id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer_3D , diunduh 5 Desember 2011.
Satria, Wantah. 2011. Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Proses Konversi Pada Finate Automata Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan.
http://silvesternanda.blog.fisip.uns.ac.id/2011/01/18/5-artikel-tentang-grafika-komputer/, diunduh 6 Desember 2011.
http://www.ittelkom.ac.id/staf/faz/kuliah/grafcit/20111/slides/Chapter11-3D%20Viewing.ppt diunduh 2 Desember 2011.
http://www.ittelkom.ac.id/staf/faz/kuliah/grafcit/20111/slides/GrafCit2011-1%20-%2012%20-%20Rendering.ppt diunduh 26 November 2011.
http://www.info-teknologi.com/search/belajar+grafika+komputer/ diunduh 25 November 2011.
http://www.scribd.com/doc/71518306/model-rendering-3D, diunduh 25 November 2011.
http://usmanrizal.blogspot.com/2008/10/quantum-learning.html, Dr. Vernon A. Magnesen. 1983. Tentang Teknik Belajar. 27 November 2011
http://www.ittelkom.ac.id/staf/faz/kuliah/grafcit/20111/slides/Chapter09-Pengantar%20Grafika%203D.ppt, diunduh 25 November 2011.
http://my.opera.com/taniadwy/blog/graphic-3d-2#comments, diunduh 26 November 2011.
gambar.mitrasites.com/grafika-komputer-3d.html, diunduh 5 Desember 2011.
http://www.owlnet.rice.edu/~comp360/lectures/CSG-Web.pdf, di unduh 13 mei 2012
Liliana, dkk.2006. Pembuatan Generator Ruled Surface dan Rotational Object Dengan Menggunakan Kurva Bezier dan B- splines.Surabaya: Jurnal. UK Petra.
jbptunikompp-gdl-s1-2006-ranotaruno-2750-bab-i-be-r
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.