MEDIA PEMBELAJAR PROSES RENDERING OBJEK PADA MATA KULIAH GRAFIKA KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA

Authors

  • Angga Prasetio Romadhon Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
  • Murinto Murinto Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2533

Abstract

Pembelajaran Grafika Komputer pada materi rendering objek bagi sebagian mahasiswa sangatlah sulit dipahami. Berdasarkan data yang diperoleh dari 20 mahasiswa yang sedang dan yang pernah mengambil mata kuliah grafika komputer, terlihat bahwa  jumlah prosentase mahasiswa yang tidak memahami materi rendering objek lebih banyak dari pada mahasiswa yang paham akan materi rendering objek.  Jumlah mahasiswa yang membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran lebih banyak dari pada jumlah mahasiswa yang tidak membutuhkan. Untuk itu perlu dibangun aplikasi pembelajaran grafika komputer khususnya pada materi rendering objek agar dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana belajar dan mempermudah dosen dalam menyampaikan materi.

Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran grafika komputer pada materi rendering objek. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, metode observasi, dan metode wawancara. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah yang diperoleh, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, design document dan diagram navigasi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test.

Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran grafika komputer pada materi rendering objek bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan yang berdasarkan hasil pengetesan tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat  membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat  bantu dosen untuk menunjang pembelajaran grafika komputer.

Kata Kunci : Grafika komputer, Rendering Objek, Pembelajaran, Multimedia.

References

Handriyantini, Eva, 2010, Perbandingan algoritma Scanline, algoritma Ray-Casting dan algoritma Ray-Tracing terhadap akurasi pencahayaan pada piranti lunak 3Ds Max. Malang :skripsi S-1, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI).

Ardani, Herni. 2001. Rekayasa perangkat lunak objek 3D menggunakan VB. Yogyakarta: Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan.

Nasution, S. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Murinto. 2011, rendering objek 3D, yogyakarta, materi slideshow grafika lanjut, Universitas Ahmad Dahlan.

Foley, James D. 1996, Computer graphics: principles and practice The systems programming series, Addison-Wesley systems programming series. USA: Addison-Wesley.

id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer_3D , diunduh 5 Desember 2011.

Satria, Wantah. 2011. Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Proses Konversi Pada Finate Automata Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan.

http://silvesternanda.blog.fisip.uns.ac.id/2011/01/18/5-artikel-tentang-grafika-komputer/, diunduh 6 Desember 2011.

http://www.ittelkom.ac.id/staf/faz/kuliah/grafcit/20111/slides/Chapter11-3D%20Viewing.ppt diunduh 2 Desember 2011.

http://www.ittelkom.ac.id/staf/faz/kuliah/grafcit/20111/slides/GrafCit2011-1%20-%2012%20-%20Rendering.ppt diunduh 26 November 2011.

http://www.info-teknologi.com/search/belajar+grafika+komputer/ diunduh 25 November 2011.

http://www.scribd.com/doc/71518306/model-rendering-3D, diunduh 25 November 2011.

http://usmanrizal.blogspot.com/2008/10/quantum-learning.html, Dr. Vernon A. Magnesen. 1983. Tentang Teknik Belajar. 27 November 2011

http://www.ittelkom.ac.id/staf/faz/kuliah/grafcit/20111/slides/Chapter09-Pengantar%20Grafika%203D.ppt, diunduh 25 November 2011.

http://my.opera.com/taniadwy/blog/graphic-3d-2#comments, diunduh 26 November 2011.

gambar.mitrasites.com/grafika-komputer-3d.html, diunduh 5 Desember 2011.

http://www.owlnet.rice.edu/~comp360/lectures/CSG-Web.pdf, di unduh 13 mei 2012

Liliana, dkk.2006. Pembuatan Generator Ruled Surface dan Rotational Object Dengan Menggunakan Kurva Bezier dan B- splines.Surabaya: Jurnal. UK Petra.

jbptunikompp-gdl-s1-2006-ranotaruno-2750-bab-i-be-r

Downloads

Published

01-06-2013

Issue

Section

Articles