APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TENTANG MEMORI MENGGUNAKAN ADOBE FLASH

Authors

  • Ardi Setyawan Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
  • Imam Riadi Program Studi Sistem Informasi Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2529

Abstract

Pembelajaran organisasi dan arsitektur komputer mengenai materi  memori bagi  sebagian  mahasiswa cukup sulit untuk dipahami terutama dalam menentukan kecepatan memori. Pemahaman  tentang  materi  tersebut  memerlukan  penalaran  logika, dan  kemampuan dalam   mencerna  bahan  ajar  berdasarkan  buku  teks  yang  ada.  Buku  teks  yang  ada  seringkali  memerlukan  usaha  ekstra  bagi  yang mempelajarinya  untuk  dapat  memahami  secara  jelas  dan  nyata.  Penyampaian  materi  selama  ini  belum  menggunakan  alat bantu  sebagai  media pembelajaran. Dengan  adanya  media  pembelajaran  berbasis multimedia  ini  diharapkan  dapat  membantu  mahasiswa  dalam  memahami materi organisasi dan arsitektur komputer khususnya  mengenai  materi  memori menggunakan mikrotik.

Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi  permasalahan, pengumpulan data dengan menggunakan metode  studi literature,  dan  observasi. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup identifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, perancangan konsep, perancangan isi, perancangan story board, implementasi system, dan pengujian  sistem dilakukan dengan  black box  dan alpha test.

Berdasarkan  penelitian  yang  dilakukan, maka dihasilkan  sebuah aplikasi  multimedia sebagai  media  pembelajaran materi memori bagi  mahasiswa teknik  informatika  di Universitas Ahmad  Dahlan Yogyakarta. Bedasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran  ini  dapat  membantu  proses  pembelajaran  pada  mahasiswa  dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran organisasi dan arsitektur komputer.

Kata Kunci : Memori, Pembelajaran, Arsitektur, Komputer, Multimedia.

References

Syahrul, 2007, Organisasi dan Arsitektur Komputer, Andi Publisher, Yogyakarta, Indonesia.

Yoga P., 2011 Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang berjudul “Media pembelajaran Subnetting pada IPv4 Berbasis Multimediaâ€. Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan.

Wibawanto W., 2007, Dasar Pemrograman Flash Game, Andi Publisher, Yogyakarta, Indonesia.

Nugroho, B., 2004, PHP & MySQL Dengan Editor Dreamweaver MX, Andi Publisher, Yogyakarta.

Pressman, Roger S., 2001, Software engineering ; A practitioners Approach, The McGraw-Hill series in computer science, New York, USA.

Saguni, F., 2006, Prinsip-Prinsip Kognitif Pembelajaran Multimedia:

Peran Modality dan Contiguity Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Jurnal, Insan, Yogyakarta.

Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.

Adobe Systems., 2007, Learning ActionScript 2.0 in Adobe Flash, Adobe Systems Incorporated, California 95110, USA.

Kariadinata R., 2010, Pembelajaran Berbasis Multimedia, Jurnal Pendidikan dan Budaya. Universitas Islam Negeri (UIN), Bandung.

Sulistyorini, Farida, S. T. dan Winiarti, Sri, S.T, 2009, Diktat Interaksi Manusia Dan Komputer, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

http://gifalytwinsa.wordpress.com/2010/01/07/model-pembelajaran-cai-dan-penerapannya-di-sd diunduh 27 Maret 2012

http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/18/konsep-belajar-dan-pembelajaran/ diunduh 27 Maret 2012

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=3494.0 diunduh 15 Maret 2012

Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi, Yogyakarta

Downloads

Published

01-06-2013

Issue

Section

Articles