PEMBELAJARAN SANDI MORSE DAN SANDI SEMAPHORE DALAM BENTUK SIMULASI BERBASIS MULTIMEDIA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2514Abstract
Pembelajaran penyandian Pramuka sering kali dilakukan dalam ruangan ataupun di luar ruangan dengan jumlah peserta yang cukup banyak dengan bantuan buku atau papan tulis. Metode tersebut menyebabkan anggota Pramuka kurang tertarik dan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Penyandian Pramuka adalah materi penting yang seharusnya dikuasai oleh Pramuka Penegak atau setingkat pelajar SMP yang tercantum dalam SKU (Syarat Kecakapan Utama). Maka diperlukan alat bantu berupa media pembelajaran berbasis multimedia yang diharapkan dapat membantu dalam proses pembelajaran penyandian Pramuka.
Subjek penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran dan simulasi penyandian tentang sandi semaphore dan sandi morse. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan mengidentifikasikan permasalahan, pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka, dan obsevasi. User atau pengguna aplikasi pembelajaran ini adalah para anggota pramuka. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi para siswa sekolah, mahasiswa dan umum yang ingin belajar sandi semaphore dan sandi morse juga menggunakan aplikasi ini. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup analisis kebutuhan Sistem yang menghasilkan materi dan simulasi. Merancang konsep yang dilakuan dengan merancang gambar, teks, suara, dan animasi. Merancang menu-menu yang ada dalam apli
References
Arsyad, Azhar Prof. 2010. “Media Pembelajaranâ€, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Al Mamun, Abdullah. 2009. “Desain Navigasi Dalam Multimedia Pembelajaranâ€. Genius Prima Media, Jakarta.
Bunafit Nugroho dan Mahar Fauji, 2008, Aneka Kreasi Animasi dengan Adobe Flash CS3, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Jubilee, Enterprise, 2007, Seri Penuntun Visual Flash, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Juhaeri, 2007, Pengantar Multimedia Untuk Media Pembelajaran, IlmuKomputer.com.
Kusuma, Bowo Yogi, 2010, Pembuatan Aplikasi Mobile Penyandian Huruf dan Angka Serta Tanda Baca Menjadi Bunyi Morse Berbasis J2ME, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Kristiningrum. (2007). Pengembangan multimedia pembelajaran Interaktif dengan macromedia authorware 7.0 Pada materi fisika sekolah menengah atas (SMA) Pokok bahasan kinematika gerak lurus, Sripsi S-1, Universitas Negeri Semarang, Semarang.
McClellands, Deke, 2002, Look and Learn Photoshop Version 6, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Pramono, Gatot, 2008, Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran, Modul, Departemen Pendidikan Nasional.
Rahayu Kariadinata, 2010, Pembelajaran Berbasis Multimedia Jurnal Pendidikan dan Budaya.
Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash, Graha Ilmu. Yogyakarta.
Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi. Yogyakarta.
http://id.wikipedia.org/wiki/samuel_morse, Sabtu, 3 Maret 2012, Kode Morse.
http://id.wikipedia.org/wiki/Semaphore, Sabtu, 3 Maret 2012, kode semaphore
http://pramuka.or.id/news/sekilas-gerakan-pramuka.php, Senin, 5 maret 2012
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.