PEMBELAJARAN SANDI MORSE DAN SANDI SEMAPHORE DALAM BENTUK SIMULASI BERBASIS MULTIMEDIA

Authors

  • Trianto Juliatmojo Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
  • Eko Aribowo Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2514

Abstract

Pembelajaran penyandian Pramuka sering kali dilakukan dalam ruangan ataupun di luar ruangan dengan jumlah peserta yang cukup banyak dengan bantuan buku atau papan tulis. Metode tersebut menyebabkan anggota Pramuka kurang tertarik dan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Penyandian Pramuka adalah materi penting yang seharusnya dikuasai oleh Pramuka Penegak atau setingkat pelajar SMP yang tercantum dalam SKU (Syarat Kecakapan Utama). Maka diperlukan alat bantu berupa media pembelajaran berbasis multimedia yang diharapkan dapat membantu dalam proses pembelajaran penyandian Pramuka.

Subjek penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran dan simulasi penyandian tentang sandi semaphore dan sandi morse. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan mengidentifikasikan permasalahan, pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka, dan obsevasi. User atau pengguna aplikasi pembelajaran ini adalah para anggota pramuka. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi para siswa sekolah, mahasiswa dan umum yang ingin belajar sandi semaphore dan sandi  morse  juga menggunakan aplikasi ini. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup  analisis kebutuhan  Sistem  yang menghasilkan materi  dan simulasi. Merancang konsep yang dilakuan dengan merancang gambar, teks, suara, dan animasi. Merancang menu-menu yang ada dalam apli

References

Arsyad, Azhar Prof. 2010. “Media Pembelajaranâ€, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Al Mamun, Abdullah. 2009. “Desain Navigasi Dalam Multimedia Pembelajaranâ€. Genius Prima Media, Jakarta.

Bunafit Nugroho dan Mahar Fauji, 2008, Aneka Kreasi Animasi dengan Adobe Flash CS3, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Jubilee, Enterprise, 2007, Seri Penuntun Visual Flash, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Juhaeri, 2007, Pengantar Multimedia Untuk Media Pembelajaran, IlmuKomputer.com.

Kusuma, Bowo Yogi, 2010, Pembuatan Aplikasi Mobile Penyandian Huruf dan Angka Serta Tanda Baca Menjadi Bunyi Morse Berbasis J2ME, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Kristiningrum. (2007). Pengembangan multimedia pembelajaran Interaktif dengan macromedia authorware 7.0 Pada materi fisika sekolah menengah atas (SMA) Pokok bahasan kinematika gerak lurus, Sripsi S-1, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

McClellands, Deke, 2002, Look and Learn Photoshop Version 6, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Pramono, Gatot, 2008, Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran, Modul, Departemen Pendidikan Nasional.

Rahayu Kariadinata, 2010, Pembelajaran Berbasis Multimedia Jurnal Pendidikan dan Budaya.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash, Graha Ilmu. Yogyakarta.

Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi. Yogyakarta.

http://id.wikipedia.org/wiki/samuel_morse, Sabtu, 3 Maret 2012, Kode Morse.

http://id.wikipedia.org/wiki/Semaphore, Sabtu, 3 Maret 2012, kode semaphore

http://pramuka.or.id/news/sekilas-gerakan-pramuka.php, Senin, 5 maret 2012

Downloads

Published

01-06-2013

Issue

Section

Articles