MEDIA PEMBELAJARAN JARINGAN SARAF TIRUAN METODE KOHONEN BERBASIS MULTIMEDIA

Authors

  • Handoko Dwi Cahyo Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
  • Ardi Pujiyanta Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2504

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu unsur konkrit yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sejalan dengan itu, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah masalah prestasi belajar. Masalah yang sering dihadapi oleh peserta didik khususnya mahasiswa yang mengambil mata kuliah Jaringan Saraf Tiruan adalah masih banyak mahasiswa yang belum dapat memahami dengan baik tentang materi kohonen, hal ini dilihat dari kuisioner pertanyaan tentang materi kohonen  kepada 20 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Jaringan Saraf Tiruan, 82,5% menyebutkan bahwa materi kohonen dirasa sulit untuk dipahami. Berdasarkan permasalahan diatas, maka diperlukannya pembuatan multimedia pembelajaran sebagai alat bantu untuk mempelajari materi kohonen bagi mahasiswa dan untuk membantu pengajaran bagi dosen. Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Jaringan Saraf  Tiruan untuk Metode Kohonen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, metode observasi,dan metode wawancara. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test. Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Jaringan Saraf Tiruan khususnya materi Metode Kohonen bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan yang berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan, bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat  membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat  bantu dosen untuk menunjang pembelajaran Jaringan Saraf Tiruan di kelas.

Kata Kunci : Jaringan Saraf Tiruan, Metode Kohonen, Multimedia, Pembelajaran

References

Arfiani, Ika., 2010, Implementasi Multimedia sebagai Alat Bantu Pembelajaran Materi Geometri Pencitraan pada Mata Kuliah Computer Vision, Skripsi S1 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Binanto, Iwan., 2010, Multimedia Digital : Dasar Teori dan Pengembangannya, Andi Publisher, Yogyakarta.

Fausett, Lauren., 1994, Fundamentals of Neural Network (Architectures, Algorithms, and Applications), Florida Institute of Technology, Florida

Kusumadewi, Sri., 2003, Artificial intelligence(teknik dan aplikasinya), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kristanto, Ardi., 2004, Jaringan Saraf Tiruan (Konsep Dasar, Algoritma dan Aplikasinya, Gava Media, Yogyakarta.)

Pujiyanta, Ardi., 2011, Teori dan Aplikasi Jaringan Saraf Tiruan, Ardana Media, Yogyakarta.

Rahmawati, Fitri., 2011, Aplikasi Multimedia Pembelajaran Jaringan Saraf Tiruan Pada Materi Perceptron, Skripsi S1 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Sanjaya, Wina., 2008, “Perancangan dan Desain Sistem Pembelajaranâ€, Prenada Media Group, Jakarta.

Santosa P. Insap, Ir., M.Sc.,1997, Interaksi Manusia dan Komputer Teori dan Praktek, Yogyakata, ANDI OFFSET

Suyanto, M., 2003. â€Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Alat Bersaingâ€. Andi, Yogyakarta.

Winarmo,M.Pd., Md. Abdullah-Al-Mamun Patwary,M.Ed., Abu Yasid,M.Pd., Sri Endah Setia Rini,M.Pd. dan Siti Alimah,M.Pd., 2009, Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran, Yogyakarta, Genius Prima Media.

http://milaniawahe.blogspot.com/2008/11/pengertian-dasar-multimedia.html, jumat 1 juli 2011

http://chievan.blogspot.com/2010/03/elemen-elemen-multimedia.html, jumat 1 juli 2011

http://grafmedia.wordpress.com/2009/09/21/multimedia/, jumat 1 juli 2011

Downloads

Published

01-06-2013

Issue

Section

Articles