Aplikasi Penilaian Studi Proyek Independen Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Android

Authors

  • Isnan Arif Cahyadi Universitas Ahmad Dahlan
  • Ika Arfiani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v11i2.24845

Keywords:

mobile, MBKM, sistem penilaian, task centered system design, waterfall

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat kebijakan baru dibidang pendidikan yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan dilandasi oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Model penilaian yang berbeda dari sebelumnya mengakibatkan pekerjaan menjadi lama, dan belum tersedianya sistem informasi dan sistem penilian otomatis untuk mendukung kegiatan belajar terutama pada program Studi Proyek Independen. Task Centered System Design (TCSD) merupakan sebuah metode yang digunakan untuk merancang user interface dari sebuah sistem. Perancangan sistem menggunakan metode waterfall sebagai alur pengerjaan dari aplikasi kemudian mnggunakan TCSD sebagai perancangan user interface. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi sistem penilaian yang dapat membantu dalam melaksanakan kurikulum MBKM. Aplikasi akan melalui dua pengujian yaitu pengujian blackbox dan System Usability Scale (SUS) dengan nilai minimal SUS yang harus dicapai adalah 80.

References

A. Gilchrist, “Industry 4.0: The Industrial Internet of Things,”, Apress Barkeley, 2016.

F. Nahdi and H. Dhika, “Analisis Dampak Internet of Things (IoT) pada Perkembangan Teknologi Masa yang Akan Datang,”, Journal of Information Technology, vol.6, no.1, pp. 33-40, 2021.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Jakarta, 2020.

E. Simatupang and I. Yuhertiana, “Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur,”, Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi, vol. 2, no. 2, pp. 30-28, 2021.

N. N. Nofia, “Analisis Tantangan Implementasi Kebijakan 'Merdeka Belajara Kampus Merdeka' Pada Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam UIN Imam Bonjol Padang, vol. 1, no.2, pp. 61-72, 2020.

M. Shulthoni, N. M. Saad, S. Kayadibi, and M. I. Ariffin, “Outcomes Based Education,”, spm.unpad.ac.id, vol. 3, pp. 2460–6618, 2018.

W. Yulita, M. H. Algifari, D. Rinaldi, and M. Praseptiawan, “Analisis dan Rancangan User Experience Website OAIL Menggunakan Metode Task Centered System Design (TCSD),”, Jurnal Sains Komputer dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 879-886, 2021.

N. Sopiah and A. Muzakir, “Penggunaan Metode TCSD (Task Centered System Design) dalam Pembuatan Website Rekam Medis pada Rumah Sakit Pelabuhan Palembang,”, Jurnal MATRIK, vol. 18, no. 2, pp. 101-112, 2016.

K. Petersen, C. Wohlin, and D. Baca, “The Waterfall Model in Large-Scale Development,” International Conference on Product-Focused Software Process Improvement, vol. 32, Springer, 2009.

Y. Bassil, “A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle,”, International Journal of Engineering & Technology, vol. 2, no. 5, pp. 1-7, 2012.

Downloads

Published

30-06-2023

Issue

Section

Articles