Analisis Pola Asosiasi Judul Artikel Publikasi Berdasarkan Data Google Scholar Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Iftitah Dwi Ulumiyah Universitas Ahmad Dahlan
  • Herman Yuliansyah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v10i3.24818

Keywords:

Judul Publikasi, Algoritma Apriori, Google Scholar

Abstract

Diseminasi hasil publikasi adalah salah satu tugas wajib yang dimiliki oleh dosen Universitas Ahmad Dahlan dengan menghasilkan berbagai macam judul artikel publikasi. Namun permasalahannya adalah artikel tersebut belum diketahui analisis pola pasangan kata yang sering dipasangkan bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pola pasangan kata dari judul artikel publikasi dengan algoritma Apriori. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan. Tahapan pertama adalah dengan mengkaji penelitan terdahulu, mengumpulkan data serta menganalisis. Tahap kedua adalah melakukan crawling data artikel publikasi dari Google Scholar. Data judul publikasi yang telah diperoleh dilakukan text preprocessing untuk menghasilkan data yang relevan dalam tahap ketiga. Kemudian melakukan pencarian aturan asosiasi pola pasangan kata menggunakan algoritma Apriori dengan menentukan nilai confidence dan support berdasarkan data yang telah melalui tahap text preprocessing. Dalam penelitian ini menggunakan data judul artikel publikasi dengan jumlah sebanyak 476 data. Berdasarkan 10 kali percobaan yang dilakukan dengan menggunakan nilai support  dan confidence yang berbeda, maka diperoleh hasil rules terbanyak dan memungkinkan untuk dianalisa adalah sebanyak 23 rules dengan nilai tertinggi untuk support, confidence dan lift ratio adalah 13%, 88% dan 12.62, masing-masing.

References

P. Haryandi, Y. Widiastiwi, and N. Chamidah, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Pola Penjualan Produk Herbal (Studi Kasus: Toko Hanawan Gemilang),” Inform. J. Ilmu Komput., vol. 17, no. 3, p. 218, 2021, doi: 10.52958/iftk.v17i3.3655.

R. Mustofa, D. Statistika, F. Matematika, and S. Data, “Topic Discovery pada Jurnal-jurnal di IEEE Explore menggunakan Association Rule Mining dengan Pendekatan Closed Frequent Itemset,” vol. 8, no. 2, 2019.

A. Anas and B. Darma, “Analisis Dosen Favorit STIE-GK Muara Bulian Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Ilm. Media Sisfo, vol. 13, no. 2, p. 137, 2019, doi: 10.33998/mediasisfo.2019.13.2.609.

A. Anas, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Mendapatkan Pola Dosen Pembimbing Skripsi STIE-GK Muara Bulian,” J. Ilm. Media Sisfo, vol. 15, no. 1, p. 19, 2021, doi: 10.33998/mediasisfo.2021.15.1.972.

A. Junaidi, “Implementasi Algoritma Apriori dan FP-Growth Untuk Menentukan Persediaan Barang,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 8, no. 1, pp. 61–67, 2019, doi: 10.32736/sisfokom.v8i1.604.

A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.

D. Darwis and D. M. Pauristina, “Audit Sistem Informasi Menggunakan Framework Cobit 4.1 Sebagai Upaya Evaluasi Pengolahan Data Pada Smkk Bpk Penabur Bandar Lampung,” J. Ilm. Infrastruktur Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020, doi: 10.33365/jiiti.v1i1.254.

M. Kesuma and R. Iskandar, “Analisis Toko dan Asal Toko Fashion Pria di Shopee Menggunakan Data Scrapping dan Exploratory Data Analysis,” vol. 21, no. 1, 2022.

A. Santoso, J. Andjarwirawan, and A. N. Purbowo, “Penerapan Sistem Channel Management untuk Aplikasi Manajemen E-commerce pada Pemilik Toko Online Multi Channel,” 2019.

H. S. Hopipah, J. H. Jaman, and U. Enri, “Web Usage Mining Guna Analisis Pola Akses Pengunjung Website dengan Association Rule,” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 7, no. Desember 2021, pp. 53–63, 2021, doi: 10.33372/stn.v7i2.735.

M. A. M. Afdal and M. Rosadi, “Penerapan Association Rule Mining Untuk Analisis Penempatan Tata Letak Buku Di Perpustakaan Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, p. 99, 2019, doi: 10.24014/rmsi.v5i1.7379.

I. Qoniah and A. T. Priandika, “Analisis Market Basket Untuk Menentukan Asossiasi Rule Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Tb. Menara),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 26–33, 2020.

H. Kusumo, E. Sediyono, and M. Marwata, “Analisis Algoritma Apriori untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, p. 49, 2019, doi: 10.21580/wjit.2019.1.1.4000.

A. Prasetyo, R. Sastra, and N. Musyaffa, “Implementasi Data Mining Untuk Analisis Data Penjualan Dengan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus Dapoerin’S),” J. Khatulistiwa Inform., vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.31294/jki.v8i2.8994.

H. Ma’rifah, A. P. Wibawa, and M. I. Akbar, “Klasifikasi Artikel Ilmiah Dengan Berbagai Skenario Preprocessing,” Sains, Apl. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, p. 70, 2020, doi: 10.30872/jsakti.v2i2.2681.

A. O. P. Dewi, “Big Data di Perpustakaan dengan Memanfaatkan Data Mining,” Anuva, vol. 4, no. 2, pp. 223–230, 2020, doi: 10.14710/anuva.4.2.223-230.

N. F. FAHRUDIN, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Market Basket Analysis,” MIND J., vol. 1, no. 2, pp. 13–23, 2019, doi: 10.26760/mindjournal.v4i1.13-23.

Downloads

Published

30-10-2022

Issue

Section

Articles