Analisis dan Desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) Aplikasi Borneojek Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik

Authors

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v10i2.23545

Keywords:

User Interface, User Experience, Evaluasi Heuristik, Aplikasi, Severity Rating

Abstract

Borneojek merupakan layanan terkini yang dapat melayani transportasi bermotor, transportasi mobil, pemesanan makanan atau kuliner dan layanan belanja di kota Pangkalan Bun. Hasil wawancara bersama founder aplikasi Borneojek pada tahun 2021 sebanyak 70% pengguna menggunakan fitur kuliner dari aplikasi Borneojek. Untuk mengetahui bagaimana evaluasi dari aplikasi Borneojek dan mendapatkan rekomendasi perbaikan aplikasi Borneojek khususnya pada fitur kuliner maka dilakukan analisis dan desain user interface dan user experience aplikasi Borneojek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluasi heuristik. Dengan severity rating menjadi skala yang digunakan dalam menilai tingkat permasalahan dari 10 prinsip heuristik dan menggunakan 4 orang evaluator. Hasil penilitian ini yaitu masih ditemukannya 21 permasalahan usability dari 10 prinsip heuristik Nielsen oleh evaluator. Kemudian dilakukan pengembangan desain rekomendasi berupa prototype. Dari penilaian yang dihasilkan yaitu fitur kuliner aplikasi Borneojek menghasilkan nilai severity rating yang lebih besar dari nilai severity rating desain rekomendasi yang berarti desain rekomendasi yang telah dikembangkan sudah lebih baik karena semakin rendah nilai severity rating maka semakin sedikit permasalahan yang ada.

 

References

J. Nielsen, “10 Heuristics for User Interface Design,” Nielsen Norman Group, 1995. .

A. Purnomo, “Pengembangan User Experience (Ux) Dan User Interface (Ui) Aplikasi Ibeauty Berbasis Android,” JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 6, no. 3, pp. 18–27, 2018, doi: 10.12928/jstie.v6i3.15251.

M. Huda, W. W. Winarno, and E. T. Lutfi, “Evaluasi User Interface Pada Sistem Informasi Akademik Di Stie Putra Bangsa Menggunakan Metode User Centered Systems Design,” J. Ekon. Dan Tek. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 42–59, 2017, [Online]. Available: http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/download/77/64.

M. Penha, W. F. M. Correia, F. D. C. Campos, Fabio, and M. D. L. N. Barros, “Heuristic evaluation of Usability -a Case Study with the Learning Management System,” LMS IFPE. Int. J. Humanit. Soc. Sci., 2014.

I. N. Arifin, H. Tolle, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi Ezypos,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 3, no. 2, pp. 1725–1732, 2019.

J. L. Le Bel, “University Students’ Heuristic Usability Inspection of the National Library of Turkey Website,” Aslib J. Inf. Manag., vol. 2050–3806, 2018.

R. Faticha, A. Aziza, and Y. T. Hidayat, “Analisa Usability Desain User Interface Pada Website,” vol. 13, no. 1, pp. 7–11, 2019.

“Sistem Informasi - Romindo Romindo, Muttaqin Muttaqin, Rasinus Rasinus, LM Fajar Israwan, Yuswardi Yuswardi, Abdul Karim, Afni Nia Sari, Ega Evinda Putri, Khairunnisa Samosir - Google Buku.” https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=rnY6EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA59&dq=sistem+informasi+adalah&ots=AeYBwYqf1p&sig=eSZAlbVEiD4G0cSTYAbJAFCdHDI&redir_esc=y#v=onepage&q=sistem informasi adalah&f=false (accessed Aug. 23, 2021).

F. A. Rosyidi, S. H. Wijoyo, and N. H. Wardani, “Evaluasi Usability Pada Game Dota 2 Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 7, pp. 7014–7021, 2019.

R. Hartson and P. Pyla, The UX Book. .

S. Hanik Mujiati, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat Pada Apotek Arjowinangun,” Indones. J. Comput. Sci. - Speed FTI UNSA, vol. 9330, no. 2, pp. 1–6, 2013.

G. Pandusarani, A. H. Brata, and E. M. A. Jonemaro, “Analisis User Experience Pada Game CS:GO dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 3, pp. 940–950, 2017, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

C. R. Mabruri, “Evaluasi Layanan Pengaduan Online Ombudsman Republik Indonesia dengan Usability Evaluation Methods,” Progr. Stud. Sist. Inf. Fak. Sains Dan Teknol. Univ. Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.

J. Nielsen, “Heuristic Evaluation: How-To: Article by Jakob Nielsen,” Nielson Norman GroupNorman, 1995.

M. Khafid and A. Widianto, “PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN DENGAN METODE FUZZY-SERVQUAL DAN INDEX PGCV (Studi Kasus BPJS Ketenagakerjaan Cabang Perintis Brebes),” J. MONEX, vol. 6, no. 1, pp. 230–235, 2017.

J. Avilés, “Study on Heuristic Usability Evaluation for Mobile Applications,” ETSI_Informatica, no. July, 2015, [Online]. Available: http://oa.upm.es/37202/.

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles