MEDIA PEMBELAJARAN RISET OPERASI UNTUK METODE DUALITY LINIER PROGRAMMING BERBASIS MULTIMEDIA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2266Abstract
Berdasarkan hasil koesioner yang diperoleh dari 30 mahasiswa yang pernah mengambil mata kuliah Riset Operasi, jumlah prosentase mahasiswa yang tidak memahami materi Duality Linier Programming lebih banyak daripada mahasiswa yang paham akan materi Duality Linier Programming, 23 mahasiswa memerlukan sebuah aplikasi pembelajaran Duality Linier Programming. Dari 94 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Riset Operasi, mahasiswa yang mendapat nilai quiz Duality Linier Programming D dan E sebesar 34,04 %. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pembelajaran mata kuliah Riset Operasi khususnya materi Duality Linier Programming. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar mengenai Duality Linier Programming.
Metode penelitian ini dilaksanakan dengan mengidentifikasi permasalahan, pengumpulan data melalui metode literature, interview dan koesioner. Metode literatur dilakukan dengan studi pustaka yaitu membaca dan membandingkan buku dan artikel yang terkait. Wawancara dilakukan kepada dosen pengampu mata kuliah Riset Operasi. Penyebaran koesioner terkait tentang perhitungan materi Duality Linier Programming. Data yang terkumpul digunakan untuk menganalisis user, kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Hasil analisis digunakan untuk membuat aplikasi pembelajaran Riset Operasi untuk metode Duality Linier Programming berbasis multimedia dengan menggunakan software Adobe Flash CS3.
Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media Pembelajaran Riset Operasi untuk metode Duality Linier Programming. Aplikasi telah diuji coba menggunakan black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran Riset Operasi untuk metode Duality Linier Programming.
Â
Kata Kunci : Duality Linier Programming, Media Pembelajaran, Riset Operasi
References
Handayaningsih, Sri, S. T., 2009, Diktat Riset Operasi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
MACOMS, Madiun. 2008, Adobe Flash CS3 Profesional, Andi, Yogyakarta
Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta
Bagus Suryo Adi Utomo, 2010, Fuzzy Linear Programming untuk Mengoptimalkan Produksi Lampu (Studi Kasus di PT. “Sinar Terang Abadiâ€), Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Pujiyanta, Ardi, Ir. MT., 2011, Riset Operasi, Ardana Media, Yogyakarta.
Ramadhan, Arif. 2004, 36 Jam Belajar Komputer Visual Basic 6.0, PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.
Rohimah, 2010, Alat Bantu Ajar Mata Kuliah Aljabar Linier Dan Matriks Pada Pokok Bahasan Determinan Dan Invers Matriks, Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Sulistyorini, Farida, S.T. dan Winiarti, Sri, S.T., 2009, Diktat Interaksi Manusia Komputer, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi, Yogyakarta.
Taha.Hamdy.A., 1996, Riset Operasi Jilid 1, Binarupa Aksara, Jakarta.
http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/18/konsep-belajar-dan-pembelajaran/Diunduh 24 maret 2011
http://www.hendryrisjawan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=125:pembelajaran-yang-menyenangkan&catid=65:training&Itemid=91 Diunduh 24 maret 2011
http://cs.upi.edu/v2/uploads/paper_skripsi_dik/Paper_ahmad_wisnu.pdf Diunduh 27 Maret 2011
http://gifalytwinsa.wordpress.com/2010/01/07/model-pembelajaran-cai-dan-penerapannya-di-sd Diunduh 27 Maret 2011
http://dc368.4shared.com/doc/N4rLkyR6/preview.html Diunduh 27 Maret 2011
http://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Photoshop Diunduh 2 Oktober 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.