Pengenalan Rumah Adat Indonesia Menggunakan Teknologi Markerless Augmented Reality

Authors

  • Ilham Fauzi Romadhoni Universitas Ahmad Daahlan
  • Adhi Prahara Universitas Ahmad Daahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v10i2.21811

Abstract

Saat ini untuk belajar mengenai rumah adat Indonesia ketika belajar di sekolah, hanya dipelajari dari buku kebudayaan Indonesia, dimana hanya terdapat gambar dan beberapa penjelasan tanpa diketahui makna dari bentuk bangunannya. Dari hasil survey dapat diketahui bahwa 35,7% pelajar SMP sederajat tidak mengetahui, 30.6% mungkin mengetahui dan 33.7% yang mengetahui makna dari bangunan rumah adat yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media edukasi dengan mengimplementasikan teknologi Markerless Augmented Reality tentang Rumah Adat Indonesia. Pengembangan media edukasi ini menggunakan Teknologi Markerless Based Tracker Surface Tracking yang merupakan salah satu jenis metode Augmented Reality. Dengan menggunakan metode ini siswa tidak memerlukan penanda khusus dan dapat mempermudah siswa karena hanya cukup mengandalkan device saja untuk memunculkan obyek 3D. Pengumpulan data kebutuhan system dilakukan dengan cara obesvasi dan wawancara kepada siswa. Software untuk membuat aplikasi ini menggunakan Audancity, Sketchup dan Unity. Pengujian aplikasi menggunakan pengujian black box dan pengujian Sistem Usaility Scale. Pengujian dilakukan menggunakan metode Black box test dengan hasil persentase sebagai berikut: 94,12% untuk pengujian fungsionalitas system, 88,89% untuk pengujian kemiripan obyek 3d bangunan, 80% untuk pengujian kualitas audio deskripsi dan, Pengujian SUS dengan hasil sebesar 76.31%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dikembangkan layak digunakan

References

A. Sirumapea, S. Ramdhan, and D. Rismana, “Aplikasi Pembelajaran Mengenal Rumah Adat di Pulau Jawa Berbasis Android dengan Teknologi Augmented Reality,” J. SISFOTEK Glob., vol. 11, no. 1, p. 15, Mar. 2021, doi: 10.38101/sisfotek.v11i1.339.

S. Nuraisyah, S. Sumardi, R. Giyartini, and M. R. W. Muharram, “Augmented Reality Flashcard Prototype Design as an Instructional Medium for Introducing West Java Traditional Houses in Elementary School,” Indones. J. Prim. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 113–124, Jun. 2021, doi: 10.17509/ijpe.v5i1.36980.

A. Hafiz, “Pengembangan Aplikasi Pengenalan Rumah Adat Sumatera Berbasis Augmented Reality,” J. Teknol. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020.

G. E. Saputra, “Analisa dan Perancangan Markerless Augmented Reality Application Rumah Adat Minangkabau dengan Menggunakan Metode Prototyping Berbasis Android,” J. Ilm. Komput. Sist. Inf., vol. 19, no. 3, pp. 443–454, 2020.

N. K. Sutiari, I. K. G. D. Putra, and M. S. Raharja, “Aplikasi Pengenalan Rumah Adat Indonesia Berbasis Augmented Reality,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 108–118, 2018.

Z. S. Azkya, I. Ardiansah, and T. Pujianto, “Analisis User Experience pada Warehouse Marketplace dengan Metode Heuristic Evaluation,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 1, Apr. 2020, doi: 10.28932/jutisi.v6i1.2378.

S. Syamsiah, “Perancangan Flowchart dan Pseudocode Pembelajaran Mengenal Angka dengan Animasi untuk Anak PAUD Rambutan,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 4, no. 1, p. 86, Aug. 2019, doi: 10.30998/string.v4i1.3623.

H. Ajie, M. Zulfikar, and V. Oktaviani, “Penerapan Konsep User Experience (UX) Pada Perancangan Dashboard Profil Mahasiswa Baru Universitas Negeri Jakarta,” PINTER J. Pendidik. Tek. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 2, pp. 88–97, Dec. 2019, doi: 10.21009/pinter.3.2.2.

D. Yulianto, R. Hartanto, and P. I. Santosa, “An Interactive Book With Augmented Reality For Learning The Cirebon Mask Dance,” J. Infotel Informatics, Telecommun. Electron., vol. 10, no. 3, 2018, doi: 10.20895/infotel.v10i3.374.

D. Yulianto, R. Hartanto, and P. I. Santosa, “Evaluation on Augmented-Reality-Based Interactive Book Using System Usability Scale and User Experience Questionnaire,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 4, no. 3, pp. 482–488, Jun. 2020, doi: 10.29207/resti.v4i3.1870.

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles