Rancang Bangun Sistem Hybrid Penjualan Barang Menggunakan Framework Flutter Berbasis Business Logic Component

Authors

  • Refaldi Ergian Universitas Ahmad Dahlan
  • Ali Tarmuji Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v10i1.21543

Abstract

Saat ini proses proses manajemen bisnis di SAHA CELL dilakukan dengan menghitung secara manual menggunakan kalkulator dan harus menghapal harga setiap produk oleh karyawan. Karyawan juga akan menulis kode dan harga produk dalam buku catatan harian. Kondisi ini membuat transaksi menjadi tidak valid, karena karyawan salah menuliskan kode dan harga yang menyebabkan kerugian SAHA CELL. Penelitian ini menyelesaikan masalah di dalam proses bisnis SAHA CELL menggunakan framework Flutter berbasis BLOC (Business Logic Component). Sistem yang dibangun terdiri dari aplikasi mobile dan web berbasis hybrid sehingga memungkinkan proses dilakukan secara online dan offline. Hasil dari pengujian sistem menggunakan Pengguna Acceptance Test oleh pemilik toko menghasilkan keberhasilan 100% yang mengindikasi sistem dapat diterima baik.

References

R. Afriansyah and Yuliyanto, “Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Transaksi Penjualan Dengan Multilokasi dan Multi Harga Produk Pada Konter,” J. Teknol. Manufaktur, vol. 12, no. 02, pp. 64–72, 2020, doi: https://doi.org/10.33504/manutech.v12i2.132.

M. Syariat and Samsudin, “Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Faisal Elektronik 2 Indragiri Hilir Berbasis Web,” J. PERANGKAT LUNAK, vol. 2, no. 1, pp. 51–62, Jun. 2020, doi: 10.32520/jupel.v2i1.1084.

S. Sarwindah and E. Yanuarti, “Pengembangan Prototype Sistem E-Commerce pada Ajun Elektronik dengan Metode FAST,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 2, pp. 281–288, Aug. 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i2.871.

A. Azis and R. Riyanto, “Aplikasi Pository Multi Outlet Menggunakan Web Service Pada Jaya Elektronik Di Purwokerto,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 2, no. 1, pp. 6–12, Jul. 2020, doi: 10.24076/JOISM.2020v2i1.170.

F. R. Pambajeng and A. Ardiansyah, “Pengembangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) Aplikasi Cashoop Untuk Pengelolaan Keuangan Pribadi,” JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, p. 20, Feb. 2019, doi: 10.12928/jstie.v7i1.15801.

R. Dwinata and T. Ismail, “Sistem Informasi Keuangan Berbasis Web Untuk Pembayaran Uang Pendidikan Studi Kasus BMT Bening Suci Prambanan Yogyakarta,” JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, p. 77, Feb. 2019, doi: 10.12928/jstie.v7i1.15807.

A. Cantona, F. Fauziah, and W. Winarsih, “Implementasi Algoritma Dijkstra Pada Pencarian Rute Terpendek ke Museum di Jakarta,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 6, no. 1, Apr. 2020, doi: 10.26905/jtmi.v6i1.3837.

S. Tjandra and G. S. Chandra, “Pemanfaatan Flutter dan Electron Framework pada Aplikasi Inventori dan Pengaturan Pengiriman Barang,” J. Inf. Syst. Hosp. Technol., vol. 2, no. 02, pp. 76–81, Dec. 2020, doi: 10.37823/insight.v2i02.109.

D. Yulianto, R. Hartanto, and P. I. Santosa, “Evaluation on Augmented-Reality-Based Interactive Book Using System Usability Scale and User Experience Questionnaire,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 4, no. 3, pp. 482–488, Jun. 2020, doi: 10.29207/resti.v4i3.1870.

N. Faizah, N. Santoso, and A. A. Soebroto, “Pengembangan Sistem Aplikasi Manajemen Proyek menggunakan Kanban Framework,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 10, pp. 9747–9754, 2020.

Downloads

Published

28-02-2022

Issue

Section

Articles