Pengembangan Fitur Item Box Pada Game Virtual Academy

Authors

  • Muhamad Fadhil Indirwan Universitas Ahmad Dahlan
  • supriyanto supriyanto Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v10i1.21122

Keywords:

Fitur Item Box, Game Virtual Academy, 3D

Abstract

Game Virtual Academic bermanfaat untuk memberikan gambaran pengukuran pencapaian mahasiswa di bidang akademik pada program studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan. Namun Game Virtual Academic belum memiliki fitur Item Box, yang dimana fitur tersebut berfungsi untuk mengetahui Item-Item yang sudah didapat dari pencapaian yang telah diperoleh setiap semesternya. Oleh karena itu adanya fitur item box yang dimana dapat memodelkan nilai capaian mahasiswa menjadi item sehingga dapat diukur kedalam game. Dalam pembuatan fitur item box menggunakan metode Rapid Application Development (RAD), suatu proses pengembangan perangkat lunak yang bersifat incremental terutama untuk waktu pengerjaan yang pendek. Dan terakhir dilakukan pengujian terhadap kepuasan user dengan metode Software Usability Scale (SUS). Hasil pengujian 3D model dengan menggunakan pengujian kualitas multimedia menunjukan bahwa 3D model yang dibuat terlihat nyata. Berdasarkan nilai yang diperoleh dengan rata-rata 4,58 skala 5 maka 3D model masuk kategori acceptable yang artinya System Usability Scale dapat diterima. Sedangkan untuk pengujian fitur menggunakan metode Black Box dengan menguji 16 test case yang ada, seluruh fungsi berjalan dengan normal dan baik.

References

N. Pellas and S. Mystakidis, “A Systematic Review of Research about Game-based Learning in Virtual Worlds,” JUCS - J. Univers. Comput. Sci., vol. 26, no. 8, pp. 1017–1042, Aug. 2020, doi: 10.3897/jucs.2020.054.

& S. D. Arini, Yusuf Durrachman, “Visualisasi 3 Dimensi Sistem Peredaran Darah Manusia Menggunakan Teknik Low Poly dan Particle System,” 2013.

V. Y. P. Ardhana, M. Sapi’i, and E. A. M. Sampetoding, “Web-Based Library Information System Using Rapid Application Development (RAD) Method at Qamarul Huda University,” vol. 6, no. 1, p. 8, 2022.

A. R. Chrismanto, H. Budi, A. Wibowo, R. Delima, and R. Ariel, “Developing Agriculture Land Mapping using Rapid Application Development (RAD): A Case Study from Indonesia,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 10, no. 10, 2019, doi: 10.14569/IJACSA.2019.0101033.

F. O. Albalawi and M. S. Maashi, “Selection and Optimization of Software Development Life Cycles Using a Genetic Algorithm,” Intell. Autom. Soft Comput., vol. 28, no. 1, pp. 39–52, 2021, doi: 10.32604/iasc.2021.015657.

D. I. Sensuse, H. N. Rochman, S. Al Hakim, and W. Winarni, “Knowledge management system design method with joint application design (JAD) adoption,” VINE J. Inf. Knowl. Manag. Syst., vol. 51, no. 1, pp. 27–46, Jan. 2020, doi: 10.1108/VJIKMS-10-2018-0083.

A. Walden, L. Garvin, M. Smerek, and C. Johnson, “User-centered design principles in the development of clinical research tools,” Clin. Trials, vol. 17, no. 6, pp. 703–711, Dec. 2020, doi: 10.1177/1740774520946314.

“A Methodology for Incorporating Quality Assurance Practices during Software Development Life Cycle,” Int. J. Adv. Trends Comput. Sci. Eng., vol. 10, no. 3, pp. 2296–2301, Jun. 2021, doi: 10.30534/ijatcse/2021/1141032021.

S. M. Salve, S. N. Samreen, and N. Khatri-Valmik, “A Comparative Study on Software Development Life Cycle Models,” vol. 05, no. 02, p. 6.

W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,” STRING Satuan Tulisan Ris. Dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, p. 206, 2018, doi: 10.30998/string.v3i2.3048.

Downloads

Published

28-02-2022

Issue

Section

Articles