Pemodelan 3D Kostum dan Atribut Avatar pada Game Virtual Academy

Muhamad Fikri, Supriyanto Supriyanto

Abstract


Game Virtual Academy (VA) adalah game berbasis mobile yang dapat membantu dalam memantau perkembangan akademik mahasiswa. Game ini ber-genre Role Playing Game (RPG). Pada saat bermain game VA, user akan memiliki sebuah karakter pria/wanita tergantung dari profil user. Namun, untuk saat ini karakter yang ada di dalam game VA masih belum memiliki fitur kostum sehingga karakter masih terlihat kurang menarik dan terkesan monoton. Oleh karena itu, di dalam penelitian ini akan dibahas mengenai pemodelan 3D kostum dan atribut avatar pada game virtual academy. Metode yang digunakan untuk membuat model adalah Pemodelan Polygon. Pemodelan kostum menggunakan teknik Low Poly agar memberikan kecepatan yang cukup tinggi ketika di-render di platform mobile. Tahapan – tahapan yang dilalui meliputi pengumpulan referensi, pemodelan polygon, UV Mapping, texturing, rigging, exporting dan terakhir dilakukan pengujian terhadap kepuasan user dengan metode Black-Box Testing dan Beta-Testing. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, skor ratarata yang didapatkan oleh semua item pada pengujian beta testing adalah 80 dan kesemua item berada pada kategori baik sehingga layak untuk digunakan. Selain itu, pada pengujian black-box testing seluruh item juga telah berjalan atau memberikan hasil yang baik sebagaimana mestinya.

Keywords


Game; Virtual Academy; Kostum; Avatar

Full Text:

PDF

References


S. S. Rani and A. Prahara, “Rekonstruksi 3D Untuk Model Wajah Virtual Akademik Menggunakan Sensor Kinect 2,” JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, Feb. 2021, doi: 10.12928/jstie.v1i1.19014.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v10i1.21068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhamad Fikri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.