Perancangan Film Animasi 3D Nikmatnya Sholat Tahajud Menggunakan Metode Pose-to-Pose
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v9i2.20882Keywords:
Blender, Animasi 3D, Sholat Tahajud,Abstract
Animasi 3D bernuansa islami sudah mulai berkembang pesat di Indonesia. Hal ini memang benar adanya jika sudah mulai tersebar dan semakin populer diberbagai aplikasi media sosial. Hal tersebut menjadi pemicu kenaikan popularitas dari Animasi 3D terutama yang bernuansa islami. Pembuatan animasi 3D secara keseluruhan menggunakan komputer dan terdiri dari beberapa tahap yakni modelling, texturing/material, ringing, dan rendering, yang mana semuanya dilakukan secara digital pada software Blender. Metode yang digunakan adalah "Pose-to-Pose", yaitu metode yang mengutamakan dengan membuat gerakan kunci atau keypose sehingga dapat membuat gerakan akan lebih halus. Film animasi 3D ini dirancang dengan tujuan untuk mengedukasi dan menginformasikan tentang kenikmatan sholat tahajud. Tak hanya itu, animasi 3D ini juga menceritakan betapa pentingnya peran orang tua di kehidupan anaknya. Perancangan film animasi 3D yang dibuat diharapkan dapat menghasilkan sebuah film animasi yang dapat mengedukasi dan pastinya dapat mengetahui pesan moral yang telah disajikan.References
Affandi, Y., Satia Nuryanto, N., Mahendra, E., & Eka Setiawan, S. (2019). Implementasi Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 2D Gerakan Ruku’ Shalat. Respati, 14(1), 12–16. http://jti.respati.ac.id/index.php/jurnaljti/article/view/265.
Ainiyah, K., Hidayah, N., Damayanti, F. P., Hidayah, I. N., Fadila, J. N., & Nugroho, F. (2020). Rancang Bangun Film Animasi 3D Sejarah Terbentuknya Kerajaan Samudra Pasai Menggunakan Software Blender. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 5(3), 164–176. https://doi.org/10.14421/jiska.2020.53-04
Amin, A. (2016). PEMBUATAN FILM ANIMASI CARA UMRAH SESUAI SOFTWARE BLENDER. In Teknologi pendidikan. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Aslah, T. Y., Wowor, H. F., & Tulenan, V. (2017). Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetengan. Jurnal Teknik Informatika, 11(1). https://doi.org/10.35793/jti.11.1.2017.16922.
Asmoro, Siwi Widi, & Joko Pramono. (2019). Animasi 2D dan 3D SMK/MAK Kelas XI, Kompetensi Keahlian Multimedia, Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Yogyakarta: ANDI.
Caroline, Y., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2016). Rancang Bangun Film Animasi 3 Dimensi Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).
Cynthia Margareth Silalahi, Fera Damayanti, D. (2020). PERANCANGAN DESIGN INTERIOR RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER. SNASTIKOM, 143–151
Dunia Film Animasi. (2020). Jakarta: Tempo Publishing.
Gunawan, Azizah, H., & Murtopo. (2019). Penerapan Animasi Interaktif Berbasis 2D sebagai Media Pengenalan Planet untuk Anak Usia Dini. JISTech (Journal of Islamic Science and Technology), 4(1), 1–20. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jistech/article/view/4927/2279
Hera, M. W., & Syahminan, M. P. T. S. (2020). RANCANGAN ANIMASI 3D WISATA EMBUNG WALAN MENGGUNAKAN PROSES PENDEKATAN USER REQUIREMENT. Kurawal Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 3(1), 66–80.
Fitria, Rahmi. (2013, 24 Agustus). Teknologi Animasi, Industri Kreatif yang Menjanjikan. Retrieved from https://www.kompasiana.com/rahmifitria.
Lazimi, S. (2018). Animate Karakter Dalam Produksi Film Animasi 3D “ Mira Diwana †Menggunakan Teknik Pose To Pose. Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya.
Kurniawan, I., Maulana, M. R., & Siregar, D. J. S. H. (2020). PEMANFAATAN SCRIPT PYTHON UNTUK MEMBUAT 3D ANIMATION PADA OPEN-SOURCE SOFTWARE. IC-Tech, 15(1).
Kurniawan, N. (2016). Perancangan animasi 3D pola ergonomik pemakaian komputer dan laptop. Tugas Akhir Jurusan Seni Dan Design-Fakultas Sastra UM.
Mardi. (2020). Cara Mudah Membuat Animasi. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Mayer, R. E. & Moreno, R. (2002). Animation as an Aid Multimedia Learning. educational psychology review, Vol. 14, No.1, March 2002. Diakses dari http://search.proquest.com pada tanggal 3 Juni 2021.
Nurcahyono, Nugroho. (2018). Teknik Animasi dan 2D dan 3D untuk SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Purwanto, I. H., Qodarsih, L., Majid, F. H., & Syamrahmarini, K. A. (2019). Implementasi Pose To Pose Pada Simulasi Gerak Panda Berjalan Dengan Teknik Frame By Frame. Explore, 9(1), 43. https://doi.org/10.35200/explore.v9i1.164.
Ramadhan, Arief, & Favorisen R. Lumbanraja. (2006). Karakter dan Animasi 3D dengan 3D Studio Max 7. Jakarta: ElexMedia.
Retnowati, N. D., Kusumaningrum, A., & Fatimatuzzahroh, F. (2018). Three Dimensional Animation of the Trans Jogja Bus Tour Line Using Path Technique. Compiler, 7(2), 114. https://doi.org/10.28989/compiler.v7i2.378
Salmon, S. F., Tulenan, V., & A. Sugiarso, B. (2017). Penggunaan Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 3D Tarian Minahasa Maengket. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.35793/jti.12.1.2017.17867.
Selamat, T. (2020). Perancangan Animasi 3D Kampus Universitas IBBI. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 8(6).
Sukirman, S. (2017). PErancangan animasi tiga dimensi menggunakan perangkat lunak blender di cabang Muhammadiyah Kartasura. Warta LPM, 20(2), 65–73.
Syafrizal, A., Toyib, R., & Saputra, G. (2019). Pembuatan Animasi 3D Profil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu. 20, 24–25.
Syahfitri, Y. (2011). Teknik Film Animasi Dalam Dunia Komputer. Jurnal SAINTIKOM, 10(3), 213–217.
Waeo, V., Lumenta, A. S. M., & Sugiarso, B. A. A. (2016). Implementasi Gerakan Manusia Pada Animasi 3D Dengan Menggunakan Menggunakan Metode Pose to pose. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).
Zebua, T., Nadeak, B., & Sinaga, S. B. (2020). Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 1(1), 18–21.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.