Perancangan Film Animasi 3D Nikmatnya Sholat Tahajud Menggunakan Metode Pose-to-Pose

Authors

  • Nada Nadhira Najwa Mazaya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Juniardi Nur Fadila Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Fresy Nugroho Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v9i2.20882

Keywords:

Blender, Animasi 3D, Sholat Tahajud,

Abstract

Animasi 3D bernuansa islami sudah mulai berkembang pesat di Indonesia. Hal ini memang benar adanya jika sudah mulai tersebar dan semakin populer diberbagai aplikasi media sosial. Hal tersebut menjadi pemicu kenaikan popularitas dari Animasi 3D terutama yang bernuansa islami. Pembuatan animasi 3D secara keseluruhan menggunakan komputer dan terdiri dari beberapa tahap yakni modelling, texturing/material, ringing, dan rendering, yang mana semuanya dilakukan secara digital pada software Blender. Metode yang digunakan adalah "Pose-to-Pose", yaitu metode yang mengutamakan dengan membuat gerakan kunci atau keypose sehingga dapat membuat gerakan akan lebih halus. Film animasi 3D ini dirancang dengan tujuan untuk mengedukasi dan menginformasikan tentang kenikmatan sholat tahajud. Tak hanya itu, animasi 3D ini juga menceritakan betapa pentingnya peran orang tua di kehidupan anaknya. Perancangan film animasi 3D yang dibuat diharapkan dapat menghasilkan sebuah film animasi yang dapat mengedukasi dan pastinya dapat mengetahui pesan moral yang telah  disajikan.

Author Biography

Nada Nadhira Najwa Mazaya, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

student

References

Affandi, Y., Satia Nuryanto, N., Mahendra, E., & Eka Setiawan, S. (2019). Implementasi Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 2D Gerakan Ruku’ Shalat. Respati, 14(1), 12–16. http://jti.respati.ac.id/index.php/jurnaljti/article/view/265.

Ainiyah, K., Hidayah, N., Damayanti, F. P., Hidayah, I. N., Fadila, J. N., & Nugroho, F. (2020). Rancang Bangun Film Animasi 3D Sejarah Terbentuknya Kerajaan Samudra Pasai Menggunakan Software Blender. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 5(3), 164–176. https://doi.org/10.14421/jiska.2020.53-04

Amin, A. (2016). PEMBUATAN FILM ANIMASI CARA UMRAH SESUAI SOFTWARE BLENDER. In Teknologi pendidikan. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Aslah, T. Y., Wowor, H. F., & Tulenan, V. (2017). Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetengan. Jurnal Teknik Informatika, 11(1). https://doi.org/10.35793/jti.11.1.2017.16922.

Asmoro, Siwi Widi, & Joko Pramono. (2019). Animasi 2D dan 3D SMK/MAK Kelas XI, Kompetensi Keahlian Multimedia, Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Yogyakarta: ANDI.

Caroline, Y., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2016). Rancang Bangun Film Animasi 3 Dimensi Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).

Cynthia Margareth Silalahi, Fera Damayanti, D. (2020). PERANCANGAN DESIGN INTERIOR RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER. SNASTIKOM, 143–151

Dunia Film Animasi. (2020). Jakarta: Tempo Publishing.

Gunawan, Azizah, H., & Murtopo. (2019). Penerapan Animasi Interaktif Berbasis 2D sebagai Media Pengenalan Planet untuk Anak Usia Dini. JISTech (Journal of Islamic Science and Technology), 4(1), 1–20. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jistech/article/view/4927/2279

Hera, M. W., & Syahminan, M. P. T. S. (2020). RANCANGAN ANIMASI 3D WISATA EMBUNG WALAN MENGGUNAKAN PROSES PENDEKATAN USER REQUIREMENT. Kurawal Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 3(1), 66–80.

Fitria, Rahmi. (2013, 24 Agustus). Teknologi Animasi, Industri Kreatif yang Menjanjikan. Retrieved from https://www.kompasiana.com/rahmifitria.

Lazimi, S. (2018). Animate Karakter Dalam Produksi Film Animasi 3D “ Mira Diwana †Menggunakan Teknik Pose To Pose. Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya.

Kurniawan, I., Maulana, M. R., & Siregar, D. J. S. H. (2020). PEMANFAATAN SCRIPT PYTHON UNTUK MEMBUAT 3D ANIMATION PADA OPEN-SOURCE SOFTWARE. IC-Tech, 15(1).

Kurniawan, N. (2016). Perancangan animasi 3D pola ergonomik pemakaian komputer dan laptop. Tugas Akhir Jurusan Seni Dan Design-Fakultas Sastra UM.

Mardi. (2020). Cara Mudah Membuat Animasi. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Mayer, R. E. & Moreno, R. (2002). Animation as an Aid Multimedia Learning. educational psychology review, Vol. 14, No.1, March 2002. Diakses dari http://search.proquest.com pada tanggal 3 Juni 2021.

Nurcahyono, Nugroho. (2018). Teknik Animasi dan 2D dan 3D untuk SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Purwanto, I. H., Qodarsih, L., Majid, F. H., & Syamrahmarini, K. A. (2019). Implementasi Pose To Pose Pada Simulasi Gerak Panda Berjalan Dengan Teknik Frame By Frame. Explore, 9(1), 43. https://doi.org/10.35200/explore.v9i1.164.

Ramadhan, Arief, & Favorisen R. Lumbanraja. (2006). Karakter dan Animasi 3D dengan 3D Studio Max 7. Jakarta: ElexMedia.

Retnowati, N. D., Kusumaningrum, A., & Fatimatuzzahroh, F. (2018). Three Dimensional Animation of the Trans Jogja Bus Tour Line Using Path Technique. Compiler, 7(2), 114. https://doi.org/10.28989/compiler.v7i2.378

Salmon, S. F., Tulenan, V., & A. Sugiarso, B. (2017). Penggunaan Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 3D Tarian Minahasa Maengket. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.35793/jti.12.1.2017.17867.

Selamat, T. (2020). Perancangan Animasi 3D Kampus Universitas IBBI. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 8(6).

Sukirman, S. (2017). PErancangan animasi tiga dimensi menggunakan perangkat lunak blender di cabang Muhammadiyah Kartasura. Warta LPM, 20(2), 65–73.

Syafrizal, A., Toyib, R., & Saputra, G. (2019). Pembuatan Animasi 3D Profil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu. 20, 24–25.

Syahfitri, Y. (2011). Teknik Film Animasi Dalam Dunia Komputer. Jurnal SAINTIKOM, 10(3), 213–217.

Waeo, V., Lumenta, A. S. M., & Sugiarso, B. A. A. (2016). Implementasi Gerakan Manusia Pada Animasi 3D Dengan Menggunakan Menggunakan Metode Pose to pose. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).

Zebua, T., Nadeak, B., & Sinaga, S. B. (2020). Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 1(1), 18–21.

Downloads

Published

30-06-2021

Issue

Section

Software Engineering